UNTUK INDONESIA
Polisi Ajak Tunarungu Rayakan Hari Musik Nasional
Polres Tulungagung, Jawa Timur ikut merayakan peringatan Hari Musik Nasional dengan membagikan alat bantu dengar kepada tuna rungu.
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia (kanan) memasangkan alat bantu dengar ke telinga seorang penyandang disabilitas tuna rungu di Tulungagung, Jawa Timur, dalam rangka peringatan Hari Musik Nasional 2020. (Foto: Antara/Destyan Sujarwoko)

Jakarta - Kepolisian Resor (Polres) Tulungagung, Jawa Timur turut merayakan peringatan Hari Musik Nasional dengan membagikan alat bantu dengar kepada 25 orang penyandang tuna rungu di kawasan setempat.

Prosesi penyerahan dilakukan langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia yang ditandai dengan pemasangan alat bantu dengar kepada perwakilan tunarungu.

"Pemberian bantuan alat bantu dengar ini dilakukan dalam rangka memeringati Hari Musik Nasional," kata Pandia, saat dikonfirmasi wartawan usai acara," Jum'at, 6 Maret 2020, diberitakan Antara.

Tak hanya memberikan alat bantu dengar kepada perwakilan difabel, Pandia yang tampil di dampingi istri Rima Pandia, Ketua Komisi C DPRD Trenggalek Andrianto dan sejumlah perwira polisi, juga memberikan 25 buah SIM gratis pada para penyandang keterbatasan fisik pendengaran tersebut.

Ia berharap bantuan tersebut bisa dimaksimalkan para penyandang difabel tunarungu untuk lebih giat bekerja, berkarya dan mengembangkan potensinya masing-masing.

"Dan waktu kami memberikan alat bantu dengar itu yang pertama kami perdengarkan adalah lagu Indonesia Raya. Kenapa, karena pencipta lagu ini adalah Bapak WR Supratman sendiri," kata Pandia.

Pandia juga berharap pemberian alat bantu dengar akan memudahkan proses interaksi dan komunikasi dengan lawan bicaranya. "Semoga bantuan alat ini akan meningkatkan kepercayaan diri para pemyandang difabel dan mereka juga lebih aktif dalam berkarya," ujar dia.

Peringatan Hari Musik Nasional dirayakan setiap tanggal 9 Maret sejak tahun 2013. Tanggal ini dipilih karena merupakan hari lahir pencipta lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya serta Pahlawan Nasional, Wage Rudolf Supratman.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Prisindo Bagikan Royalti Artis

Sejumlah musisi ikut merayakan peringatan Hari Musik Nasional tahun ini dengan mengunggah postingan di media sosial resmi mereka. Melly Goeslaw misalnya, mempersembahkan postingan video berisi tembang berjudul Laguku Bahasaku.

Sementara grup band Slank mengunggah poster digital berisi pesan anti pembajakan dan ucapan selamat merayakan Hari Musik Nasional melalui laman Twitter resmi mereka. []

Berita terkait
Melly Goeslaw Hingga Slank di Hari Musik Nasional
Sejumlah musisi Indonesia mulai dari penyanyi Melly Goeslaw, grup band Slank, hingga Rian Dmasive ikut meramaikan perayaan Hari Musik Nasional.
Mengenal Darbuka Alat Musik Khas Timur Tengah
outuber Ali kribo menggunakan alat musik darbuka untuk mengisi konten di akun YouTube miliknya. Seperti apa alat musik tersebut?
Wawancara Eksklusif Bersama Master Darbuka Ali Kribo
Tagar berhasil mendapatkan sesi wawancara eksklusif bersama Ali Kribo untuk bicara tentang perjalanan hidupnya, serta perkenalannya dengan darbuka.
0
Warga Bantaeng Derita Luka Bakar di Sekujur Tubuh
Remaja berusia 20 tahun di Bantaeng menderita luka bakar hampir 80 persen akibat kebakaran menimpa kamar tidurnya.