UNTUK INDONESIA
Mengenal Darbuka Alat Musik Khas Timur Tengah
outuber Ali kribo menggunakan alat musik darbuka untuk mengisi konten di akun YouTube miliknya. Seperti apa alat musik tersebut?
Alat musik perkusi Darbuka mulai populer di Indonesia. (Foto: Facebook/Serikat Darbuka Indonesia Official)

Jakarta - Youtuber Ali kribo menggunakan alat musik darbuka untuk mengisi konten di akun YouTube miliknya. Mungkin bagi sebagian orang jarang mendengar nama alat musik tersebut. Bahkan, tidak mengenal alat musik asal Mesopotamia itu. Seperti apa alat musik tersebut?

Darbuka dikenal sebagai alat musik yang sudah sangat tua, bentuknya begitu menyerupai piala atau jam pasir. Sejarah mencatat keberadaanya telah ada dijaman kuno 6000 tahun sebelum masehi berasal dari Mesopotamia di kerajaan Sumeria dan Babilonia.

Tepatnya tempat tersebut berada di antara sungai Tygris dan Euphrat di daerah Timur Tengah. Wilayah tersebut dalam kebudayaan dunia kuno di kenal sebagai pusat peradaban.

DarbukaAlat musik perkusi Darbuka mulai populer di Indonesia. (Foto: Facebook/Serikat Darbuka Indonesia Official)

Jaman itu, darbuka tidak seperti sekarang ini yang terbuat dari aluminium dengan head plastik, melainkan terbuat dari tembikar dan kulit natural.

Seiring berjalannya waktu, darbuka dimasukkan sebagai instrumen yang paling banyak digunakan di Arab Saudi, Persia, dan Turki. Hingga sekarang ini menjadi salah satu alat perkusi paling populer di dunia dikenal dengan nama lain doumbek.

Alat musik ini pertama kali dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan upacara budaya dan ritual tradisional. Namun, kini sudah digunakan untuk berbagai macam kepentingan yang bertujuan menghibur.

Sebut saja di Indonesia, darbuka biasa digunakan dalam musik dan lagu religius, Di Mesir dan Turki, alat musik ini sebagian besar digunakan untuk mengiringi bellydance.

Sementara pembuatannya, secara tradisional Darbuka terbuat dari kulit kambing ada juga dari tanah liat dan kayu. Tapi, mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi, darbuka sekarang dapat dibentuk dari logam seperti: tembaga dan aluminium, sedangkan kulit terbuat dari plastik.

Itu tidak berarti bahwa Darbuka tradisional terlupakan. Musisi kontemporer biasanya menggunakan kulit kambing untuk menghasilkan nada yang lebih merdu.

DarbukaAlat musik perkusi Darbuka digunakan untuk acara keagamaan. (Foto: Facebook/Serikat Darbuka Indonesia Official)

Selain itu, cara memainkan pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Jika secara tradisional pemain menempatkan instrumen ini di bawah lengan, pada saat ini gaya bermain diubah menjadi diletakkan pada lutut atau pangkuan penabuhnya.

Darbuka mulai diperkenalkan ke dunia hiburan pertama kali oleh Mislirli Ahmet dari Turki, sementara di Indonesia beberapa para seniman yang masih menggunakan alat musik langka itu seperti Ditto percussion dan juga YouTuber Ali kribo dan Daood Debu.

Baca juga: Biografi Ali Kribo, Penabuh Darbuka Bergelar Master

Selebihnya, alat musik asal Timur Tengah itu digunakan diberbagai pagelaran musik tradisional khas Timur Tengah, termasuk dalam acara pernikahan dan juga acara keagamaan. []

Berita terkait
Johnny Depp, Aktor Andal Hollywood Gemar Main Musik
Aktor Hollywood Johnny Depp ternyata gemar main musik. Terbukti, dirinya pernah bergabung dalam sebuah band ternama bernama Hollywood Vampires.
Sempat Terhenti, ‘Parade Musik 2017’ Hadirkan Ragam Etnik Jatim
Sempat terhenti, ‘Parade Musik 2017’ hadirkan ragam etnik Jatim. Sebelumnya program ini terhenti lantaran sulit mencari komposer yang fokus pada musik etnik.
Sinema Pinggiran Siap Gelar Pameran 100 Video Musik
Sutradara Allan Soebakir bakal menggelar pameran tunggal bertajuk 100 Video Musik dalam rangka peringatan 10 tahun berkarya.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.