UNTUK INDONESIA
Polda Sumut Belum Tahu Illegal Logging Labuhanbatu
Polda Sumut mengaku belum mengetahui ada tidaknya illegal logging yang picu banjir di Labuhanbatu Utara.
Polisi kerja bakti membersihkan sisa material banjir di Labuhanbatu Utara. (Foto: Polres Labuhanbatu)

Medan - Polda Sumatera Utara (Sumut) belum mendapatkan informasi mengenai adanya dugaan praktik penebangan pohon secara ilegal di Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara. 

Praktik illegal logging diduga menjadi penyebab banjir bandang di tiga desa di Kecamatan Na IX-X. Banjir terjadi di Desa Pematang, Desa Hatapang dan Desa Batu Tunggal, Sabtu, 28 Desember 2019. 

Polda Sumatera Utara masih menunggu laporan dari Polres Labuhanbatu perihal ada atau tidaknya praktik illegal logging di sana.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengaku belum bisa memastikan ada tidaknya pembalakan liar di Labuhanbatu Utara. Perwira melati tiga di pundak ini belum dapat informasi tentang itu. 

"Untuk saat ini saya belum mendapat laporan, nanti akan kami cek, Polda Sumatera Utara masih menunggu laporan dari Polres Labuhanbatu perihal ada atau tidaknya praktik illegal logging di sana," ucap Tatan kepada Tagar, Senin, 30 Desember 2019.

Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol Mardiaz Kusin ketika dikonfirmasi wartawan melalui selularnya belum menanggapi secara gamblang. Jenderal yang pernah berdinas di Polres Labuhanbatu menyarankan agar langsung berkomunikasi dengan pejabat lain.

"Coba dicek ke Kabid Humas atau Kapolres Labuhanbatu," balas Mardiaz melalui pesan WhatsApp

Sementara Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Rony Samtana ketika diwawancarai Tagar memilih diam, tidak menanggapi.

Sebagaimana diketahui, banjir bandang merusak tiga belas rumah di tiga desa. Di Desa Pematang ada lima rumah dan dua jembatan akibat terjangan air Sungai Kapia dan Sungai Mardua. Di Desa Hatapang, ada lima rumah yang rusak akibat luapan Sungai Hatapang. Dan di Desa Batu Tunggal, sebanyak tiga rumah rusak akibat luapan Sungai Aekburu. []

Baca juga: 

Berita terkait
Penebangan Hutan, Labura Diterjang Banjir Bandang
Sejumlah desa di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara diterjang banjir bandang.
Polisi Tangkap Sembilan Pelaku Perambah Hutan Dairi
Sembilan orang terduga pelaku perambahan hutan, ditangkap petugas Polres Dairi dari dua lokasi berbeda.
Penebangan Liar, 53 Persen Hutan Aceh Utara Hilang
Akibat maraknya penebangan liar untuk membuka lahan baru oleh perusahaan perkebunan menyebabkan luat hutan Aceh Utara semakin berkurang.
0
Eks Camp Vietnam Bakal Dipakai Pasien Virus Corona
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyiapkan rumah sakit khusus pasien virus corona.