UNTUK INDONESIA
Pohon 100 Tahun Menimpa Tiga Mobil Tamu Hotel di Yogyakarta
Pohon yang sudah berusia seabad lebih tumbang menimpa tiga mobil milik tamu hotel di Kota Yogyakarta.
Mobil yang sedang parkir di salah satu hotel di Kota Yogyakarta tertimpa pohon tumbang. (Foto: Dok Polsek Wirobrajan/Tagar/Evi Nur Afiah)

Yogyakarta - Tiga mobil mewah ringsek tertimpa pohon di wilayah Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Kendaraan tersebut milik tamu yang sedang menginap di salah satu hotel setempat. 

Pohon jenis Flamboyan yang sudah menimpa tiga kendaraan tersebut, merupakan dampak dari hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Yogyakarta beberapa hari ini. Selain karena faktor cuaca, pohon yang indentik berfisik besar ini sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Baca Juga:

Informasi kejadian ini pertama kali diketahui oleh seorang security hotel setempat yang mendengar suara gemuruh, Sabtu, 31 Oktober 2020 sekitar pukul 01.10 WIB. Ternyata tersebut pohon tumbang pohon yang menimpa benda-benda yang ada di sekitarnya antara lain tiga mobil milik tamu hotel yang sedang terparkir.

Mengetahui hal tersebut, pihak Hotel kemudian menghubungi Polsek Wirobrajan untuk membantu evakuasi. Proses evakuasi dilaksanakan pada pagi hari dengan dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta. 

Pohon TumbangProses evakuasi pohon flamboyan yang menimpa tiga mobil milik tamu hotel di Kota Yogyakarta. (Foto: Dok Polsek Wirobrajan/Tagar/Evi Nur Afiah)

Kapolsek Wirobrajan Komisaris Polisi Endang Sri Widianti melalui Humas Polsek Wirobrajan Aipda Muhammad Asdar mengatakan, pohon dengan diameter 2,5 meter ini tumbang menimpa benda yang ada di bawahnya pada Sabtu, 31 Oktober 2020 sekitar pukul 01.10 WIB.  "Iya betul terjadi pohon tumbang yang tumbuh di dekat hotel. Ada tiga kendaraan mobil milik tamu hotel yang tertimpa pohon besar itu," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Ketiga mobil yang tertimba pohon Flamboyan itu masing-masing berjenis Honda Brio dengan Nomor Nolisi AB 1477 W warna Grey. Pohon besar itu mengalami atap mobil dan Kap mesin Lecet-lecet akibat terkena ranting pohon Flamboyan. Pemilik kendaraan adalah Potronanggan Kragilan, 30 tahun warga Tamanan, Kabupaten Bantul.

Ada tiga kendaraan mobil milik tamu hotel yang tertimpa pohon besar itu.

Honda Jazz RS dengan Nomor Polisi AD 8939 PT warna Abu-abu ringsek pada bagian body belakang kap mobil dan kaca belakang pecah. Kendaraan tersebut milik karyawan BUMN bernama Antonio Galih usia 32 tahun warga Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pohon TumbangProses evakuasi pohon flamboyan yang menimpa tiga mobil milik tamu hotel di Kota Yogyakarta. (Foto: Dok Polsek Wirobrajan/Tagar/Evi Nur Afiah)

Proses evakuasi pohon flamboyan yang menimpa tiga mobil milik tamu hotel di Kota Yogyakarta. (Foto: Dok Polsek Wirobrajan/Tagar/Evi Nur Afiah)

Menurut Kompol Endang, Pohon Flamboyan itu berdiri tegak di deket pos security sisi barat halaman parkir hotel. Saat itu, halaman parkir untuk tamu memang sedang penuh kendaraan roda empat. Namun, yang tertimpa sebanyak tiga kendaraan. 

Baca Juga:

Lebih jauh, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pihak kepolisan masih melakukan pendataan mengenai total kerugian material dampak dari peristiwa ini. "Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun untuk kerugiannya masih kami perhitungkan," ucapnya.

Kompol Endang menggatakan, atas kejadian ini pihak hotel bersedia bertanggung jawab atas kerusakan yang dialami tamunya. "Ditanggung pihak hotel pernyataan semalam, namun belum ada hitam di atas putih," ungkapnya. []

Berita terkait
Data Kerusakan Akibat Angin Kencang di Bantul dan Sleman
Hujan deras disetai angin kencang melanda tiga daerah di DIY yakni Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Berikut data kerusakannya.
Data Kerusakan Akibat Angin Kencang di Kalasan Sleman
Angin kencang melanda Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Pohon tumbang menimpa rumah, memutus jaringan listrik maupun menutup jalan.
Diterjang Angin Kencang, Ranting Pohon Timpa Rumah di Bantul
Sebuah rumah tertimpa ranting pohon yang tumbang saat hujan disertai angin kencang melanda Bantul, Yogyakarta.
0
Luapkan Kekesalan, Warga Medan Injak Poster Presiden Prancis
Sejumlah umat Islam di Kota Medan, Sumatera Utara, melampiaskan kekesalannya dengan menginjak poster wajah Presiden Prancis Emmanuel Macron.