UNTUK INDONESIA
PLN Kebut Pemasangan Listrik Desa di Tapanuli Utara
Desakan Hinca Panjaitan agar listrik bisa dinikmati warga Torhonas, Tapanuli Utara, ternyata sudah dalam proses pengerjaan.
Progres pembangunan jaringan listrik desa dikebut Unit Pelayanan 3 PT PLN Sibolga di Torhonas, Desa Pardomuan Nauli, Kecamatan Adiankoting, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Ist)

Tarutung - Desakan anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan agar listrik bisa dinikmati warga Torhonas, Desa Pardomuan Nauli, Kecamatan Adiankoting, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, ternyata sudah dalam proses pengerjaan.

Kepala desa setempat, Sihar Tua Hutauruk mengungkapkan itu kepada Tagar, Jumat 6 Desember 2019. Dia mengatakan, pengerjaan proyek listrik di desanya dimulai sejak Juni 2019.

Namun kemajuan proses pemasangan terganggu akibat akses mobilisasi material dan cuaca hujan selama ini.

"Sudah mulai dikerjakan sejak bulan Juni lalu, namun keterlambatan kemungkinan terkendala mobilisasi karena akses jalan yang kurang baik saat ini, " kata Sihar.

Dia membenarkan informasi yang disampaikan anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan, bahwa listrik sudah puluhan tahun diidamkan ratusan rumah tangga di desanya.

"Atas pembangunan ini kami antusias akan kelar dan tuntas secepatnya, " katanya.

Sihar berharap dari 150 rumah tangga di tiga dusun, bisa menikmati aliran listrik PT PLN saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

PLN Optimis

Kemajuan penyambungan jaringan ke rumah warga di desa terpencil itu saat ini sedikit terkendala lintasan jaringan.

Manager Konstruksi UP 3 PT PLN SibolgaManager Konstruksi UP 3 PT PLN Sibolga, Rudi Hermansyah Harahap. (Foto: Tagar/Ist)

Informasi itu dikatakan Rudi Hermansyah Harahap, manager bidang konstruksi UP III PT PLN Sibolga kepada Tagar.

"Ada sepanjang tiga kilometer pohon yang saat ini belum dipotong. Dan pohon tersebut kebetulan dilintasi jaringan listrik kita," kata Rudi, Kamis 5 Desember 2019.

Desa itu sampai sekarang belum masuk aliran listrik, itu sudah jelas, kita prihatin

Rudi optimis pengerjaan akan tuntas pada akhir Desember tahun ini. Dan penyebab utama keterlambatan adalah akses infrastruktur jalan mobilisasi material.

"Kita upayakan harus tuntas Desember ini. Kendala utama sesuai survei awal adalah lintasan mobilisasi hingga kita alihkan penyambungan jaringan dari Kolang, " kata Rudi.

Dia berharap sosialisasi pembebasan lintasan jaringan dan penyambungan ke rumah-rumah warga bisa ditindaklanjuti hingga proses instalasi tak terkendala di lapangan.

Hinca

Sebelumnya, Hinca Panjaitan ketika melakukan kunjungan kerja di Mapolda Sumatera Utara, Rabu 4 Desember 2019, mengaku prihatin dengan kondisi Desa Torhonas, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Jaringan listrik di TaputProgres pembangunan jaringan listrik desa dikebut Unit Pelayanan 3 PT PLN Sibolga di Torhonas, Desa Pardomuan Nauli, Kecamatan Adiankoting, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Ist)

Sebab, meski Indonesia telah merdeka selama 74 tahun, desa yang dihuni oleh ratusan keluarga itu belum juga menikmati aliran listrik.

"Iya, kemarin kita kebetulan masuk ke sana (Desa Torhonas), desa itu sampai sekarang belum masuk aliran listrik, itu sudah jelas, kita prihatin, padahal di desa itu dihuni ratusan keluarga," ucap Hinca kepada Tagar.

Rasa prihatin anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat ini bertambah ketika tahu sudah banyak peredaran narkoba di desa yang tidak ada listriknya itu.

"Untuk narkobanya, kita minta polisi menindaklanjutinya, segera berantas narkoba di desa itu, sedangkan untuk listriknya, sejak negara merdeka 74 tahun tapi listrik tidak juga masuk," kata Hinca.

Menindaklanjuti itu, Hinca mengaku sudah berkomunikasi dengan GM PLN Sumatera Utara, agar ada jalan keluarnya. Mereka berjanji akan menindaklanjuti aspirasi tersebut.

"Kita sudah kontak GM PLN untuk cek dan memasang aliran listrik, tanggal 8 Desember 2019 akan saya cek dan pertanyakan sampai di mana itu proses listriknya," ucap dia.

Pengakuan GM PLN, daerah yang belum masuk listrik itu jauh dari sumber aliran listrik. Meskipun begitu, Hinca menegaskan bahwa jangan ada satu orang pun tidak mendapatkan keadilan.[]

Berita terkait
Ada Ratusan Warga Taput Belum Nikmati Aliran Listrik
Hinca Panjaitan mengaku prihatin dengan kondisi Desa Torhonas, di Kabupaten Tapanuli Utara. Desa dihuni ratusan warga itu belum nikmati listrik.
Cuaca Buruk Ganggu Ragam Aktivitas Warga Taput
Dalam rentang tiga minggu terakhir, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dilanda cuara buruk.
Warga Minta Bibit Ternak Babi, Ini Kata DPRD Taput
Warga Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, meminta bantuan bibit ternak babi kepada anggota DPRD setempat.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China