UNTUK INDONESIA
Warga Minta Bibit Ternak Babi, Ini Kata DPRD Taput
Warga Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, meminta bantuan bibit ternak babi kepada anggota DPRD setempat.
Ombun Simanjuntak (kemeja putih) anggota DPRD Tapanuli Utara periode 2019-2024 gelar reses perdana di Dusun Simanungkalit Dangsina, Desa Simanungkalit, Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin 2 Desember 2019. (Foto:Tagar/Jumpa P Manullang).

Tarutung - Warga Dusun Simanungkalit Dangsina, Desa Simanungkalit, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, meminta bantuan bibit ternak babi kepada anggota DPRD setempat.

Salah seorang warga, Miduk Siregar, 53 tahun, menyampaikan permintaan itu dalam kegiatan reses anggota DPRD Tapanuli Utara, Ombun Simanjuntak, di desa mereka, Senin 2 Desember 2019.

Miduk menyebut, melihat derita peternak babi yang didera wabah virus mematikan ribuan ternak babi saat ini, pihaknya meminta ada bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada warga khususnya peternak.

"Khusus untuk usaha ternak babi yang mati baru-baru ini agar diperhatikan dengan bantuan pemerintah. Kami sangat membutuhkan itu," kata Miduk.

Menyikapi usulan bantuan bibit ternak babi untuk peternak yang merugi, Ombun mengatakan, akan mengupayakan hal itu, setelah dipastikan penyebaran virus telah bersih dan tidak menganggu ternak lagi.

Selain soal bantuan peternakan dan pertanian, warga juga meminta keseriusan DPRD dalam pengawasan penggunaan APBD. Penekanan itu fokus pada anggaran pelaksanaan proyek fisik. 

"Kami minta pengawasan bapak dalam penggunaan anggaran yang dijalankan pemerintah. Kami juga meminta perhatian dewan atas jalan yang sudah rusak parah di daerah ini," kata Hotli Bakkara, seorang warga lainnya.

Hendaknya semua permohonan usulan permohonan pembangunan fisik harus dilengkapi surat penyerahan dari masyarakat

Ombun dalam paparannya menjawab aspirasi konstituen, berjanji akan berjuang merealisasikannya pada tahun 2021.

"Usulan tahun 2020 adalah aspirasi yang ditampung dewan pada periode lalu. Namun untuk kepastian tahun 2021 kami komit akan mengawal usulan ini," katanya.

Dia kemudian menyarankan masyarakat agar rutin menyampaikan proposal permohonan melalui kelompok tani dan disampaikan langsung kepada pihaknya.

Pada kesempatan itu, Ombun meminta warga tani agar dalam pengajuan permohonan selalu dilandasi semangat kesukarelaan penyerahan lahan lokasi pembangunan infrastruktur.

"Agar tidak terkendala dalam pelaksanaan fisik, hendaknya semua permohonan usulan permohonan pembangunan fisik harus dilengkapi surat penyerahan dari masyarakat, " terang Ombun.

Ombun merupakan putra kelahiran Sipoholon dan terpilih duduk di DPRD Tapanuli Utara dari daerah pemilihan dua meliputi Kecamatan Sipoholon, Parmonangan dan Pagaran.

Ombun pada pesta demokrasi pemilihan legislatif pada Mei 2019 lalu berhasil duduk di DPRD Tapanuli Utara dari PDIP dengan perolehan 2.400 suara sesuai penetapan KPU Tapanuli Utara.

Ombun saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Tapanuli Utara yang membidangi urusan pemerintahan, hukum dan HAM, pendidikan, BUMD dan pers. []

Berita terkait
Hog Cholera Mulai Serang Ternak Babi di Simalungun
Virus kolera mulai menyerang ternak babi di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Babi Mati Dibuang di Pinggir Jalan Kota Medan
Kebiasaan buruk warga membuang bangaki babi masih saja berkangsung di Kota Medan, Sumatera Utara.
Edy Rahmayadi Punya Kawan Tangani Wabah Virus Babi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kini tak sendiri menangani wabah penyakit babi yang belakangan meresahkan peternak babi dan masyarakat.
0
Harga Minyak Menguat Menjelang Pertemuan OPEC
Harga minyak mentah pada Kamis, 5 Maret 2020 menguat menjelang pertemuan OPEC pekan mendatang.