UNTUK INDONESIA
Pindah Rumah saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini Bisa Hindari Virus
Karena mau tak mau harus pindah rumah saat pandemi, Anda dapat menerapkan 3 hal ini untuk menekan risiko terpapar virus.
Ilustrasi pindah rumah. (Foto: istockphoto)

Jakarta - Pindah rumah memang merepotkan. Apalagi di tengah pandemi virus corona, menjalaninya bikin hati dag dig gug der. Namun, karena mau tak mau harus dilakukan, lebih baik mencari tahu bagaimana menekan risiko terpapar saat pindah rumah.

Sebelum membahas risiko tertular, Anda dapat mempersiapkan terlebih dahulu daftar orang-orang yang sekiranya bisa membantu dalam meringkes barang-barang ke dalam box agar dapat segera diangkut.

"Bisa menggunakan jalur profesional atau meminta sahabat untuk membantu. Semuanya berisiko, karena bisa saja mereka menyentuh apapun yang sudah terkontaminasi Covid-19," kata petinggi perusahaan SparkRental yang berkecimpung dalam jasa pindah rumah dan properti, Brian Davis, dikutip dari Huffpost.

Selanjutnya bagaimana menekan risiko agar tidak terpapar virus corona, Anda dapat melakukan tiga hal ini. Berikut tips aman pindah rumah di tengah pandemi virus corona:

1. Pakai teknologi

Anda dapat menghubungi pemilik lama atau developer hunian tempat Anda akan tinggal untuk melihat lebih detail bagian-bagian atau sisi rumah. Minta mereka untuk mengirimkan foto-foto sudut-sudut ruangan calon rumah baru Anda lewat aplikasi komunikasi smarthone.

Cara tersebut memudahkan Anda agar tidak bolak-balik melakukan survei. Di samping itu, detail ruangan membuat Anda memiliki bayangan perencanaan. Itu bisa mempercepat proses penempatan barang dari rumah lama ke hunian baru.

Pindah rumahIlustrasi pindah rumah. (Foto: pixabay)

Baca juga:

2. Gunakan transportasi berisiko rendah

Angkutan umum rentan terhadap paparan virus. Ada baiknya Anda menggunakan transportasi pribadi atau jasa angkut barang ketika pindah rumah. Alternatif lain menyewa truk atau pickup.

Sebagai tindakan preventif, minta penyedia jasa pindahan untuk mencuci terlebih dahulu kendaraan mereka sebelum digunakan untuk angkut barang. Hal itu juga bisa diterapkan jika menyewa pickpup atau truk.

3. Aturan kesehatan pandemi

Pindah rumah jangan lupakan aturan di tengah pandemi. Anda dapat menyemprot disinfektan kepada kendaraan yang akan dipakai untuk mengangkut barangke rumah baru.

Sedangkan aturan umumnya yang harus dilakukan yaitu 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Perhatikan juga kepada mereka yang membantu Anda pindah rumah untuk memakai satung tangan atau kacamata jika diperlukan. 

Berita terkait
3 Bahaya Kesehatan Akibat Kebiasaan Gigit Kuku Jari
Menggigit kuku jari sulit dihentikan karena sudah menjadi kebiasaan. Awas bahaya untuk kesehatan lho.
Bisa Dilakukan di Rumah, 3 Aktivitas Gym Ini Kecilkan Perut
Gym menjadi lokasi untuk mewujudkan mimpi mengecilkan perut. Akan tetapi, ada latihan pembentukan tubuh yang bisa dilakukan rumah lho.
Nyaman Rumah Berantakan, Awas Derita Gangguan Psikologis Clutter
Anda penghuni yang merasa nyaman ketika rumah berantakan Kemungkinan besar Anda mengalami gangguan psikologis Clutter.
0
Kawasan Stadion Manahan Solo Steril PKL Mulai Januari 2021
Pemkot Solo memastikan akan melakukan sterilisasi PKL dari kawasan Stadion Manahan mulai Januari 2021 untuk persiapan Piala Dunia U-20.