UNTUK INDONESIA
Pilkada Solo 2020 Batu Loncatan Gibran Nyapres 2024?
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago membaca peluang dan skenario Gibran Rakabuming Raka dari Pilkada Solo 2020 menuju Pilpres 2024.
Bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan bakal calon Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa (kanan) memberikan keterangan kepada Wartawan saat berada di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 17 Juli 2020. Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada Pilkada serentak Desember mendatang. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Jakarta - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago membaca peluang dan skenario Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, yang menggunakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020, sebagai batu loncatan menuju pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Potensi mengarah ke sana tetap saja ada, desain ujungnya nanti ending-nya mengikuti rekam jejak ayahnya. Namun, tentu tidak mudah, tidak ada yang instan dalam politik," ujar Pangi ketika dihubungi Tagar, Rabu, 29 Juli 2020.

Ini menjadi langkah pijakan awal mencoba bertarung kembali untuk kontestasi elektoral pilpres.

Pangi mengatakan apabila Gibran berhasil menang dalam pemilihan Wali Kota Solo pada Desember mendatang, dan terbukti kepemimpinannya memang bagus, maka hal tersebut dapat menjadi jalan untuk memeroleh kedudukan yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

Baca juga: Bara JP: Masyarakat Harus Adil kepada Gibran

"Apakah nanti mencalonkan Gubernur di Jawa Tengah atau mencalonkan Gubernur DKI Jakarta," ucapnya.

Selanjutnya, kata Pangi, apabila Gibran nantinya menjadi gubernur dan terbukti berhasil, maka langkahnya menuju RI-1 akan menjadi lebih mudah.

"Ini menjadi langkah pijakan awal mencoba bertarung kembali untuk kontestasi elektoral pilpres, paling tidak 10 tahun lagi," katanya.

Diketahui, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota di Pilkada Solo. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersamaan dengan pengumuman 45 pasangan calon yang akan diusung dan didukung PDIP pada Pilkada Serentak 2020.

Baca juga: Purnomo Keluar dari Tim Sukses Gibran-Teguh

"Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," tutur Puan saat membacakan daftar nama calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung PDIP dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual, Jumat, 17 Juli 2020.

Pada kesempatan itu, Gibran tampak ikut serta bersama pengurus PDIP saat diumumkan di kantor DPP.

"Saya bersyukur dan haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri atas rekomendasi yang diamanahkan kepada saya, untuk menjadi calon Wali Kota Surakarta (Solo) yang diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Kota Surakarta 2020,” kata Gibran. []

Berita terkait
Jawaban Bajo Disebut Calon Boneka untuk Lawan Gibran
Bagyo Wahyono dan F.X. Supardjo (Bajo) mengelak disebut paslon boneka untuk melawan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, di Pilkada Solo
Atas Nama Wong Cilik, Bajo Tantang Gibran di Pilkada
Mengatasnamakan wong cilik, Bajo percaya diri dapat menyingkirkan putra Presiden Jokowi itu di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Solo.
Modal Duit Urunan, Bajo Menantang Gibran di Pilkada
Bermodal dana urunan anggota Tikus Pithi Hanoto Baris, Bajo siap menantang putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo
0
Pilkada Solo 2020 Batu Loncatan Gibran Nyapres 2024?
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago membaca peluang dan skenario Gibran Rakabuming Raka dari Pilkada Solo 2020 menuju Pilpres 2024.