Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau langsung posko pengaduan 'Lapor Mas Wapres' di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, pada Selasa, 12 November 2024.
Ini merupakan hari kedua pembukaan posko pengaduan yang bertujuan untuk mendengar langsung keluhan dan masukan dari masyarakat.
Gibran tiba di Istana Wapres sekitar pukul 11.10 WIB, setelah memimpin rapat penanggulangan bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kantor BNPB.
Sesampainya di lokasi, ia langsung masuk ke ruang Pengaduan Masyarakat (Dumas) Istana Wapres RI untuk memantau aktivitas posko.
Dalam kunjungannya, Gibran memperhatikan beberapa warga yang sedang melaporkan permasalahannya di meja aduan. Ia menghabiskan sekitar lima menit untuk meninjau posko sebelum meninggalkan lokasi. Keberadaan posko ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk lebih dekat dengan masyarakat dan menangani keluhan mereka dengan cepat.
Posko pengaduan 'Lapor Mas Wapres' dibuka untuk pertama kali pada Senin, 11 Novemebr 2024, dan pada hari pertama, sebanyak 55 masyarakat telah datang melaporkan masalah mereka. Deputi Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Sapto Harjono, menyebutkan bahwa pengaduan yang disampaikan bermacam-macam, mulai dari masalah sosial hingga infrastruktur.
Setelah menerima laporan, Sekretariat Wakil Presiden akan mempelajari permasalahan yang dihadapi pelapor. Selanjutnya, mereka akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga hingga Pemerintah Daerah (Pemda) yang terkait untuk menangani masalah tersebut.
Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.