UNTUK INDONESIA

Pilkada di Depan Mata, KPU Solo Mulai Rakit Kotak Suara

KPU Kota Solo mulai merakit 2.522 kotak suara jelang Pilkada 9 Desember 2020.
Perakitan sebanyak 2.522 kotak suara untuk Pilkada Solo 2020 sudah dimulai KPU Solo. Perakitan kotak suara ini juga mengedepankan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19. (Foto: Tagar/KPU Solo)

Solo - Mendekati pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai menyiapkan beragam kelengkapan. Termasuk menyiapkan ribuan kotak suara yang akan dipakai pada saat pencoblosan nanti.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti menuturkan pihaknya sudah mulai merakit sebanyak 2.522 kotak suara. Untuk aktivitas perakitan ini melibatkan delapan tenaga pekerja.

“Untuk perakitan 2.522 kotak suara sudah kami mulai sejak Selasa 17 November 2020 kemarin. Kotak suara ini nantinya akan disebar ke sebanyak 1.231 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Nurul Sutarti, Rabu, 18 November 2020.

Menurutnya, pengerjaan pelipatan kotak suara ini ditargetkan selesai pada pekan ini juga. Dan jika memang belum dapat diselesaikan, maka pihaknya akan menambah tenaga agar dapat segera rampung.

Untuk perakitan 2.522 kotak suara sudah kami mulai sejak Selasa 17 November 2020 kemarin.

Ia menyebut pelaksanaan pelipatan kotak suara ini tetap menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19. Seperti pengukuran suhu tubuh pekerja saat masuk ke gudang KPU, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hingga wajib menggunakan masker. Pun demikian dengan jarak saat bekerja tetap diterapkan. 

"Ruangan dalam gudang sebelumnya juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan," katanya.

Nurul menambahkan, jika nanti kotak suara selesai dirakit semua, maka langkah berikutnya adalah memasukkan kertas suara. Kertas suara masih dilipat di lokasi percetakannya di Kudus.

Baca juga: 

Diketahui, pada Pilkada Solo tahun 2020, ada dua paslon wali kota dan wakil wali kota yang bersaing. Paslon nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa yang diusung PDIP.  Dan paslon nomor 2, Bagyo Wahyono - FX Supardjo (BaJo) yang datang dari jalur independen.

Di sisi lain, debat seri kedua Pilkada Solo 2020 akan dilaksankan pada 6 Desember 2020 mendatang atau hanya tiga hari sebelum pelaksanaan pencoblosan dilakukan. Untuk putaran pertama, debat sudah dilakukan pada 6 November 2020 lalu. []

Berita terkait
KPU Banyuwangi Cetak 1,4 Juta Lebih Kertas Suara
KPU Banyuwangi mencetak kertas suara lebih banyak daripada DPT Pilkada Banyuwangi yang hanya 1,3 juta.
KPU Makassar Terima Ribuan Logistik Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar telah menerima kiriman ribuan logistik. Ini rinciannya
1.643.175 Lembar Surat Suara Tiba di Gudang KPU Medan
Sebanyak 1.643.175 lembar kertas suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan, tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.
0
Pilkada di Depan Mata, KPU Solo Mulai Rakit Kotak Suara
KPU Kota Solo mulai merakit 2.522 kotak suara jelang Pilkada 9 Desember 2020.