Pihak Honda Harap Insentif Fiskal Bantu Industri Otomotif

Pemerintah resmi memberi insentif fiskal berupa pembebasan pajak barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru.
Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy. (Foto:Tagar/Mobilinanews.com)

Jakarta - Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan  kebijakan pemerintah terkait insentif fiskal diharapkan membantu industri otomotif Indonesia, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada awal tahun.

Sebagaimana diketahui pemerintah resmi memberi insentif fiskal berupa pembebasan pajak barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru. Kebijakan penurunan tarif PPnBM hingga 0 persen itu mulai berlaku mulai Maret 2021 hingga 9 bulan kedepan dalam tiga tahap.

Insentif penurunan PPnBM sendiri akan berlaku untuk segmen kendaraan 1.500 cc ke bawah dengan penggerak 4x2. Meski hanya jenis tersebut, namun bagi

"Kami akan mendukung upaya pemerintah dalam mendorong penjualan industri otomotif," ujar Yusak Billy, Jumat, 12 Februari 2021.

Pada dasarnya kami akan support upaya pemerintah dalam mendorong penjualan otomotif

Meski begitu, pihak PT HPM belum bisa memberikan jawaban mengenai seberapa efektif kebijakan itu akan berdampak kepada performa retail industri otomotif Indonesia. Billy menyebut, pihaknya tetap harus mempelajari lebih dalam dan detail lagi soal pelaksanaan dari rencana kebijakan tersebut.

"Kami masih mempelajari ya, karena masih menunggu turunan detail peraturannya dari kementerian terkait. Pada dasarnya kami akan support upaya pemerintah dalam mendorong penjualan otomotif," ujar Billy.

Penghapusan PPnBM ini, sebetulnya tidak akan menurunkan harga jual mobil baru secara signifikan.

Sementara saat ditanya soal berapa besaran penurunan harga mobil baru Honda akibat insentif ini, Billy belum bisa menjelaskan secara detail. Sebab, kata dia, pihaknya masih mempelajari secara detail aturan kebijakan ini.

"Jika sudah ada aturan detailnya, baru kami bisa menjelaskan berapa besar turunan dan model apa saja yang masuk dalam relaksasinya," jelasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Honda HR-V Generasi Ketiga Siap Meluncur 18 Februari 2021
Honda mengumumkan peluncuran produk mobil barunya, HR-V generasi ketiga pada 18 Februari 2021 mendatang.
Honda Jazz Tabrak Truk di Aceh, Satu Penumpang Tewas
Seorang remaja berinisial RM, 16 tahun, tewas di tempat setelah Honda Jazz yang ditumpanginya menabrak truk di Lhokseumawe, Aceh.
Spesifikasi Lengkap Motor Honda CBR150R 2021 K45R
Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan generasi terbaru dari CBR150R. Seluruh desain dirombak habis oleh pihak Honda.
0
San Marino Tawarkan Wisata Vaksinasi Covid-19
Orang ke Republik San Marino biasanya untuk menghindari pajak dan mengoleksi perangko, tapi sekarang untuk vaksinasi Covid-19