UNTUK INDONESIA
Petani Papua Nugini Selundupkan Ganja ke Indonesia
Warga negara Papua Nugini menyelundupkan tiga kilogram ganja ke Papua, Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, pelaku tidak bekerja sendiri.
Penyelundup ganja asal Papua Nugini ditahan anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa, 5 November 2019. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan).

Jayapura - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 300/Bjw menangkap seorang warga negara Papua Nugini berinisial B, karena kedapatan menyelundupkan tiga kilogram ganja ke wilayah Indonesia. Keseharian pelaku diketahui bekerja sebagai petani.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan pelaku ditangkap saat melintas di Jalan Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, dan tidak bekerja sendiri.

Ganja ini disimpan dalam karung terpisah-pisah dan diselipkan di tas ransel berisi pakaian bekas.

“Pelakunya ada dua orang, satu tercatat sebagai warga negara Papua Nugini, sedangkan satu lagi berinisial N merupakan warga Kampung Kalifam, Distrik Waris, Kabupaten Keerom,” kata Eko dalam siaran pers yang diterima Tagar, Selasa malam, 5 November 2019.

Penangkapan penyelundup ganja ke Papua berawal dari kecurigaan anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw terhadap pengendara motor saat melintas dengan kecepatan tinggi di depan Pos TNI Waris. 

Merasa curiga, anggota langsung melakukan pengejaran hingga berhasil menghentikan pengendara motor yang membawa 'daun surga'.

“Keduanya sempat berupaya menghindar, namun dikejar anggota Pos Waris yang dipimpin Serda Agus Sutisna hingga tertangkap. Sepeda motor pun langsung diamankan,” terangnya.

Dari hasil penggeledahan, Eko menemukan tiga kilogram narkotika golongan I jenis ganja yang disembunyikan dalam tas ransel.

“Ganja ini disimpan dalam karung terpisah-pisah dan diselipkan di tas ransel berisi pakaian bekas, ada kamera go pro juga kami sita,” tutur dia.

Dia menambahkan, daun terlarang itu telah diserahkan ke pihak kepolisian bersama dua pengendara motor yang ditangkap, untuk diproses hukum lebih lanjut. “Kami berharap tindak tegas ini dapat memberikan efek jera bagi pengedar narkoba,” kata Eko di Papua. []

Berita terkait
Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Madina
BNNP BNNK Mandailing Natal menemukan ladang ganja seluas dua hektare di wilayah perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal.
Ganja Siap Edar Seberat 137 Kg Dikubur di Rumah Kosong
BNN berhasil mengamankan 137 kilogram ganja dari dua lokasi berbeda di Pematangsiantar, Sumatera Utara.
Bawa Ganja 20 Kg, 2 Warga Cianjur Ditangkap di Langkat
Keduanya ditangkap karena menyelundupkan 20 kilogram ganja yang dipasok dari Aceh.
0
Beredar di Medsos Aparat Serang Warga di Nduga Papua
Pada sejumlah akun media sosial beredar sebuah informasi yang menyudutkan aparat TNI dan Polri di Kabupaten Nduga, Papua.