UNTUK INDONESIA
Pesona Wisata Tempat Kelahiran Daud Yordan Ketapang
Tempat kelahiran petinju profesional Indonesia, Daud Yordan di Ketapang, Kalimantan Barat memiliki banyak wisata menarik.
Pantai Tanjung Belandang di Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/ @ekossnto)

Jakarta - Tempat kelahiran petinju profesional Indonesia, Daud Yordan di Ketapang, Kalimantan Barat memiliki banyak wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan masa liburan akhir tahun atau menghilangkan kejenuhan. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah destinasi wisata di Ketapang, Kalimantan Barat. 

1. Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

Keraton Kerajaan Matan TanjungpuraKeraton Kerajaan Matan Tanjungpura. (Foto: kataomed.com)

Destinasi wisata ini terletak di Jalan Pangeran Kesuma Jaya, Kelurahan Mulya Kerta, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. 

Keraton ini berada tepat di tepian sungai Pawan yakni sungai terbesar di Ketapang. Jika ingin ke tempat ini, kamu bisa menempuh waktu 20 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Ketapang. 

Begitu tiba di lokasi, Anda akan disambut dua buah gerbang besar yang berada tepat di pintu masuk kawasan Keraton.  Tempat ini sangat cocok buat kamu berliburan bersama keluarga ataupun rekan sejawat. 

2. Hutan Kota Ketapang

Hutan Kota Ketapang, Kalimantan BaratHutan Kota Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: World Wild Life Fund)

Tempat wisata yang juga wajib kamu kunjungi yaitu Hutan Kota Ketapang. Di sana terdapat berbagai macam spesies tumbuhan dan satwa yang akan bisa Anda lihat secara langsung. 

Hutan Kota ini masih tergolong asri dan terjaga. Sehingga, tak sedikit orang yang berkunjung ke sana menjadikan tempat itu untuk outbound dan foto prewedding. Wisata ini terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan.

3. Pantai Air Mata Permai

Pantai Air Mata Permai di Ketapang, KalbarPantai Air Mata Permai berada di Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/@nur_hidayat)

Pantai ini terletak di Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Untuk mencapai lokasi, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Ketapang.

Selain kamu bisa menikmati keindahan pemandangan di sana, pantai tersebut juga merupakan habitat bagi 27 jenis burung spesies endemik. Bagi yang hendak merencanakan liburan, tempat ini cocok buat kamu yang ingin membuang kepenatan dan kejenuhan dari rutinitas ibu kota. 

4. Pantai Tanjung Belandang

Pantai Tanjung Belandang di Ketapang, KalbarPantai Tanjung Belandang di Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: Instagram/ @ekossnto)

Pantai ini terletak di Desa Awan Kiri River, Dusun Tanjung Belandang, Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Jika ingin ke lokasi, kamu akan menempuh jarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Ketapang. 

Destinasi wisata ini, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan menarik. Selain itu, di Pantai Tanjung Belandang ini juga sering dijadikan untuk kegiatan camping, kegiatan kepramukaan, kejuaraan motor Grasstrack, dan juga volley pantai, dan olahraga pantai lainnya.

Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang terkasih hingga menenangkan pikiran. 

5. Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, KalbarMasjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: Facebook/Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang)

Masjid ini diresmikan pada 25 Mei 2017. Kamu yang ingin berwisata religi, di sanalah tempatnya. 

Desain interior masjid ini bergaya seperti negeri 1001 malam dengan tata lampu warna-warni yang memukau. Masjid Agung Al-Ikhlas menjadi salah satu tujuan tempat ibadah sekaligus menjadi icon kota Ketapang. 

Menariknya, masjid ini memadukan unsur Melayu sebagai adat istiadat Ketapang yang dicampur dengan gaya khas Timur Tengah. Sehingga, tempat ini menjadi sangat cantik dan indah. 

Ada satu kubah utama berukuran cukup besar yang dikelilingi oleh empat kubah berukuran lebih kecil. Inilah yang semakin menambah kesan istimewa wisata tersebut. Apalagi, disampingnya ada empat menara tinggi yang berdiri kokoh mengapit bangunan utamanya. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Menang TKO, Daud Yordan Siap Rebut Gelar Juara Dunia
Petinju Daud Yordan siap merebut gelar juara dunia kelas ringan, setelah Sabtu (25/3) malam, menang TKO atas petinju asal Thailand Campee Phayom.
Kelebihan Kalimantan Barat Sebagai Calon Ibu Kota RI
Rencana Presiden terpilih Joko Widodo memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan, disambut baik oleh Anggota DPR dari dapil Kalbar Daniel Johan.
Wisata Favorit Kota Kelahiran Sri Mulyani Lampung
Kota kelahiran Menteri Keuangan Sri Mulyani di Bandar Lampung memiliki segudang tempat wisata, apa sajakah itu?
0
Persipura Tetap Waspadai Permainan Kalteng Putra
Persipura Jayapura tak meremehkan Kalteng Putra meski posisi kedua tim sangat bertolak belakang. Laga digelar pada Kamis 12 Desember 2019.