UNTUK INDONESIA
Pesona Air Terjun Podiba Sulbar yang Belum Dipoles
Dinas Pariwisata Mamasa, Sulawesi Barat belum menaruh perhatian untuk mengembangkan air terjun Podiba.
Keindahan air terjun Bodipa, yang bisa menjadi destinasi wisata di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamasa - Air terjun Podiba menjadi salah satu objek wisata alam yang indah nan mempesona di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Lokasinya tak jauh di Desa Malatiro, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, membuat pengunjung dengan mudah bisa menikmati kesejukan dan ketenangan yang ditawarkan air terjun ciptaan Tuhan itu.

Jalan menuju lokasi cukup mudah dengan pemandangan alam hutan yang hijau dengan pepohonan masih cukup rapat sehingga sangat sejuk. Seperti layaknya wisata air terjun pada umumnya, Podiba menyuguhkan hawa segar nan sejuk dengan gemercik air terasa dingin ketika menyentuh kulit.

Alokasi dana desa enggak cukup dan terbatas untuk mengembangkan wisata air terjun Bodipa.

Pemandangannya pun masih asri dan terjaga, banyak pepohonan menjulang tinggi diantara Podiba. Destinasi ini sangat cocok, ketika ingin menghilangkan penat, karena rutinitas sehari-hari. Jarak antara Bandar Udara Tampak Padang Mamuju Podiba hanya 35 Km atau waktu tempuh 60 menit.

Menuju lokasi bisa ditempuh dengan jalan setapak dari jalan poros Mamasa-Mamuju. Jalan masih tanah dan bebatuan dengan kontur lumayan rata, namun harus tetap hati-hati. Sayangnya, objek wisata ini belum terkelola dengan baik karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat.

Kepala Desa Malatiro, Dandai mengatakan, pihaknya sedang merencanakan pengelolaan air terjun Podiba. Hanya saja, alokasi dana desa sangat terbatas untuk pengembangan objek wisata tersebut.

"Alokasi dana desa enggak cukup dan terbatas untuk mengembangkan wisata air terjun Bodipa," beber dia.

Ia berharap, ada bantuan dan perhatian dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Mamasa dan Provinsi Sulbar.

”Kita sedang merencanakan pembangunan jalan beton dari jalan poros Mamuju-Mamasa menuju Podiba. Saya berharap pemerintah kabupaten dan provinsi melalui Dinas Pariwisata bisa mengalokasikan dana untuk pengembangan Podiba,” tutur Dandai. []

Berita terkait
KPU Mamuju Sulbar Dianggap Tidak Transparan
KPU Mamuju Sulawesi Barat dianggap tidak transparan dalam pengumuman hasil perekrutan petugas PPK.
Miris, 7 Tahun Tinggal di Rumah Rusak di Mamuju
Tujuh tahun, perempuan paruh baya dan dua anaknya tinggal di rumah rusak di Mamuju. Berulang pendataan tapi bantuan tak kunjung datang.
Polisi Menepis Isu Penculikkan Anak di Mamuju
Kapolres Mamuju, Kombes Pol Minarto menepis isu marak terjadi penculikkan anak di wilayahnya. Dia mengimbau hati-hati menyebarkan isi hoaks.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.