UNTUK INDONESIA
Pesona Objek Wisata Polman Sulbar yang Menawan
Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat memiliki banyak destinasi wisata mulai dari pantai hingga hamparan pegunungan yang sangat memukau.
Keindahan Wisata Alam Bukit Senayan di Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/ Eka Musriang)

Polman - Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki banyak destinasi wisata mulai dari pantai hingga hamparan pegunungan yang sangat memukau. Sehingga tak bisa dipungkiri daerah ini bisa mengundang wisatawan untuk berkunjung sembari menghabiskan waktu senggang atau liburan. 

Masyarakat yang tinggal di Polewali Mandar (Polman) ini memang terdiri dari berbagai macam suku atau etnis, meliputi suku Mandar, Pattae, Jawa, Bugis, Toraja, dengan dialek bahasa masing-masing.

Selain keanekaragaman suku bangsa dan budaya, kabupaten Polewali Mandar juga punya segudang objek wisata yang menarik dan menawan. Keindahan alamnya juga tidak kalah hebatnya dengan yang ada di daerah lain, sehingga tempat ini layak untuk disinggahi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. 

Keindahan wisata alam di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) tidak perlu diragukan lagi. Daerah ini dianugerahi keindahan panorama alam yang begitu indah dan tak ada duanya. Jadi, siapa pun yang singgah ke tempat wisata di sana pasti tidak ingin beranjak pergi. 

Salah satu tempat menarik yang ada di Polman Sulbar yaitu Negeri di atas Awan Bukit Senayan dan puncak Lemo Nipi (Jeruk Nipis). Kedua tempat wisata sangat cocok untuk bersantai hingga tempat menenangkan pikiran. 

- Negeri di atas Awan Bukit Senayan

Negeri di atas Awan Bukit Senayan di Polman SulbarObjek Wisata Negeri di atas Awan Bukit Senayan di Polman Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Salah satu destinasi wisata yang memiliki cerita dan panorama alam menarik, yakni Bukit Senayan. Di atas puncak Bukit Senayan itu sendiri terdapat negeri di atas awan dengan keindahannya.

Objek wisata alam yang baru saja ditemukan para pemuda itu berada tepat di Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polman Sulbar. Di tempat ini menyimpan sejuta keindahan dan kini sudah menjadi tujuan wisatawan lokal di Sulbar.

Jarak tempuh dari pusat Kota Kabupaten Polman menuju Bukit Senayan sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh sekira 60 menit menggunakan kendaraan roda dua. Akses jalan menuju wisata ini terbilang mendukung sehingga pengunjung tidak perlu menguras tenaga.

Nama Bukit Senayan adalah sematan para pemuda Desa Bulo karena bentuk bukit itu menyerupai gedung DPR RI, DPD RI dan MPR RI di Senayan Jakarta. Nama bukit yang sebenarnya adalah To Tammarammung.

Pada pukul 05.30 WITA pengunjung dapat menikmati sunrise dan pukul 06.00 hingga pukul 09.00, wisatawan akan dimanjakan dengan gumpalan awan yang mengelilingi Bukit Senayan.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Bukit Senayan akan memasang tenda dan bermalam menunggu sang fajar menyingsing. Namun tidak sedikit juga yang datang di waktu subuh sekitara pukul 04.00 WITA hanya untuk menikmati keindahan fajar.

Informasi yang dikumpulkan Tagar, saat ini pemuda setempat bersama pemerintah desa sedang melakukan upaya pembenahan destinasi wisata itu sehingga lebih nyaman lagi untuk dikunjungi terutama akses jalan ke sana.

Dalam jangka waktu satu Minggu, jumlah pengunjung Bukit Senayan mencapai 1000 orang dari berbagai daerah di Sulbar seperti warga Kabupaten Majene, warga Kabupaten Mamuju, serta warga Kabupaten Polman sendiri.

Salah satu pemuda yang menemukan tempat indah ini, Amal Tetekeng mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya belum mengadakan tarif bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bukit Senayan.

"Jadi, untuk sementara objek wisata ini gratis dikunjungi karena masih promosi. Namun, kami akan membicarakan bersama pemerintah desa bagaimana retribusinya,"kata Amal kepada Tagar, Senin 17 Agustus 2020.

Dia mengatakan kedepan pihaknya akan melakukan berbagai inovasi di atas Bukit Senayan diantaranya wisata buah atau agro wisata.

"Kami akan mencoba memadukan objek wisata alam dengan kebun durian," ucapnya.

Amal juga menuturkan Desa Bulo tempat Bukit Senayan Polman Sulbar terkenal dengan buah durian otong, sehingga pihaknya akan melestarikannya sejalan dengan objek wisata Bukit Senayan.

"Jadi selain ada Bukti Senayan, sebagai agro wisata kami akan mengadakan kebun raya Bulo," tutur Amal.

Negeri di atas Awan Bukit Senayan, Polman SulbarFoto prewedding Negeri di atas Awan Bukit Senayan, Polman Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Sementara itu, salah satu pengunjung Bukit Senayan yang sedang melangsungkan foto prewedding, Hadi mengaku memilih Bukit Senayan sebagai salah satu tempat prewedding outdoor karena dirinya bersama pasangan terpukau dengan pesona alam disana.

"Jauh sebelumnya, kami sudah berencana akan melaksanakan prewedding outdoor disini karena keindahan alam disini tidak kalah memukau dari objek-objek wisata lainnya di Sulawesi," ujar Hadi.

Menurut Hadi, lokasi Bukit Senayan tidak begitu jauh dari tempat tinggal mereka sehingga membuat kedua pasangan itu lebih memilih objek wisata Bukit Senayan menjadi tempat prewedding outdoor.

"Untuk apa jauh-jauh kalau daerah kita juga memiliki destinasi wisata yang luar biasa indah dan menawan seperti ini," ucapnya.

- Puncak Bukit Lemo Nipi (Jeruk Nipis)

Puncak Bukit Lemo Nipi, Polman SulbarObjek Wisata Puncak Bukit Lemo Nipi, Polman Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/ Eka Musriang)

Sekitar 300 meter dari Bukit Senayan juga terdapat puncak Lemo Nipi (Jeruk Nipis) yang juga tak kalah menarik dan menjadi tujuan wisata camping para wisatawan lokal di Polman.

Di puncak Lemo Nipi pengunjung dapat memandang ke bawah Bukit Senayan karena puncak ini lebih tinggi dari pada Bukit Senayan. Pengunjung juga dapat berangkat dari Bukit Senayan menuju puncak Lemo Nipi dengan berjalan kaki menuruni bukit lalu menanjak dengan jarak tempuh 300 meter.

Menurut Amal, puncak Lemo Nipi lah yang memantik munculnya Bukit Senayan yang digarap oleh para pemuda kreatif di wilayah tersebut. "Kami berinisiatif untuk mengekspos objek wisata alam ini melalui media sosial sehingga masyarakat dapat mengetahui kekayaan alam di Polman," kata Amal. []

Baca juga:

Berita terkait
Ayunan Pelangi Objek Wisata Baru di Kuningan
Wagub Jabar resmikan objek wisata baru di Kuningan yaitu Ayunan Pelangi yang diharapkan bisa dongkrak PADesa dan tingkatkan perekonomian warga
Destinasi Wisata Alam Mamuju Sulawesi Barat
Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat memiliki segudang objek wisata yang sangat memukau. Berikut sejumlah keindahan wisata di Mamuju.
Bakso Batok Kelapa Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Suara deru ombak dan semilir angin Pantai Ujong Blang di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe membuat orang yang melihatnya terkagum-kagum.
0
Pesona Objek Wisata Polman Sulbar yang Menawan
Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat memiliki banyak destinasi wisata mulai dari pantai hingga hamparan pegunungan yang sangat memukau.