Pesawat Rimbun Air Diduga Jatuh Setelah Menabrak Gunung

Melihat kondisi pesawat yang sudah hancur, kecil kemungkinan 3 orang kru yang ikut dalam penerbangan selamat.
Ilustrasi pesawat Rimbun Air. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pesawat Rimbun Air yang hilang kontak saat penerbangan dari Kabupaten Nabire menuju Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua susah ditemukan dalam kondisi hancur. Dalam penerbangan, pesawat itu juga membawa 3 kru dan mengangkut kargo bahan bangunan. Sebelum hilang kontak, posisi pesawat sudah dekat dengan bandara.

Yonif Mekanis 521/DY dari Pos Intan Jaya Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis 521/DY Mayor Inf Edi Dipramono menjelaskan peristiwa itu terjadi pada pukul 07.22 WIT. Terlihat pesawat Cargo Rimbun Air Seri 300 PK OTW akan mendarat. Namun karena cuaca berkabut, pesawat batal landing.

Pesawat kemudian berusaha naik mengambil arah kiri bandara. Setelah itu, terdengar suara keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diduga pesawat jatuh setelah menabrak gunung.

"Kemudian terdengar suara seperti pohon jatuh yang sangat keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diindikasi pesawat tersebut menabrak gunung," ujar Edi.

"Tidak terlihat jelas titik pasti jatuhnya dikarenakan kabut tebal yang menyelimuti daerah sekitar. Saat ini seluruh aparat Gabungan sedang berkoordinasi dengan pihak bandara untuk mencari keberadaan pesawat Rimbun Air Seri 300 Pk OTW," lanjutnya.

Sebelumnya, Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan mengatakan, pesawat tersebut ditemukan di ketinggian 2.400 meter dengan jarak 5-6 kilometer dari Bandara Bilogari ke arah Distrik Homeyo.



Kemudian terdengar suara seperti pohon jatuh yang sangat keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diindikasi pesawat tersebut menabrak gunung.



Melihat kondisi pesawat yang sudah hancur, Sandi mengatakan kecil kemungkinan kru yang ikut dalam penerbangan selamat. Ketiga kru yang ikut dalam penerbangan itu adalah Pilot Mirza, Copilot Fajar, dan seorang teknisi bernama Iswahyudi.

"Kondisi pesawatnya hancur, kecil kemungkinan selamat, bagian kepala pesawatnya yang paling hancur," ujarnya.

Proses evakuasi korban akan dilakukan melalui jalan darat.

"Evakuasi akan melibatkan masyarakat, TNI-Polri, wakil bupati juga sudah ada di sini," kata Sandi. []

Berita terkait
Pesawat Rimbun Air Ditemukan, Kondisinya Hancur
Proses evakuasi korban akan dilakukan melalui jalan darat
Kronologis Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Sagupa Papua
Diduga pesawat jatuh usai menabrak gunung,
Rimbun Air Pancarkan Sinyal Emergency
Kontak terakhir pilot dengan petugas Airnav Sugapa berlangsung pada pukul 07.30 WIT.
0
15 Penyakit yang Berasal dari Toilet Kotor
Menjaga kebersihan toilet sangat penting untuk pencegahan beberapa penyakit dan infeksi.