Perusahaan Slowakia Sukses Lakukan Uji Terbang Mobil Terbang

Sebuah mobil dengan sayap baru saja menyelesaikan uji terbang di Slowakia, sebagian pakar menilai hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat
Prototipe mobil terbang "AirCar" yang dikembangkan perusahaan Klein Vision tampak di Bandara Bratislava, Slowakia (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Jakarta – Sebuah mobil dengan sayap baru saja menyelesaikan uji terbang di Slowakia. Perancang mobil itu mengatakan keberhasilan upaya membuat mobil itu membawa kita selangkah lebih dekat menuju tercapainya mobil terbang. Tetapi, sebagian pakar menilai hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Jika para perancang “AirCar” prototipe-1 mewujudkan apa yang mereka rencanakan, suatu hari Anda mungkin akan segera melihat mobil terbang. Stevan Klein, penemu AirCar, berbicara pada Markiza TV.

“Baik sekali ketika ada aturan hukum yang memungkinkan mewujudkan rencana seperti ini dari lokasi virtual ke lokasi nyata. Ini tujuan kami –menciptakan produk sungguhan yang suatu hari nanti bisa Anda beli,” ujar Stevan.

Dari paparan gambar hingga langit yang bersahabat, perancang AirCar Stevan Klein mengemudikan mobil terbang rancangannya selama 35 menit, dari Nitra ke Ibu Kota Slowakia, Bratislava.

“Ketika kami tiba di bandara, suasana masih gelap. Kami menarik mesin itu ke landasan pacu. Meskipun kami sudah menerbangkannya selama berjam-jam, ketika melintasi landasan yang panjang, rasanya tetap berbeda.”

AirCar yang berkekuatan 160 tenaga kuda dirancang dengan sayap yang dapat dikendalikan. Piranti ini sudah melalui uji penerbangan selama lebih dari 40 jam dan dapat mencapai kecepatan jelajah maksimum di udara hingga 190 kilometer per jam.

Mobil TerbangMobil terbang Hyundai. (Foto:Tagar/Pikiran Rakyat)

Namun, Lubomir Palcak di Institut Penelitian Transportasi Slowakia mengatakan pada Markiza TV bahwa proyek ini masih dalam tahap awal. “Kami belum dapat mengatakan bahwa dalam beberapa tahun mendatang kita akan dapat menggunakan mobil terbang di sini, tetapi sangat baik ketika topik ini mengemuka di Slowakia. Dan ada hasil yang nyata.”

Uji terbang memangkas waktu perjalanan dari satu kota ke kota lain hingga separuh, dan menandai keberhasilan pendaratan piranti ini untuk ke 142 kalinya.

Klein Vision mengatakan langkah berikutnya adalah membangun Prototip 2 yang berkekuatan 300 tenaga kuda, dengan kecepatan jelajah mencapai 300 kilometer per jam dan jangkauan ribuan kilometer (em/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Mobil Terbang Hyundai Diluncurkan Tahun 2025
Hyundai akan meluncurkan kendaraan mobilitas udara urban yang dijuluki mobil terbang lebih cepat dari jadwal
Hyundai Kembangkan Mobil Terbang Untuk Orang dan Barang
Hyundai Kembangkan mobil terbang untuk mengatasi kemacetan yang bisa mengangkut 5-6 orang.
Jepang Berhasil Uji Coba Mobil Terbang Berpenumpang
Mobil terbang bernama SD-03 ini disebut juga vertical takeoff and landing (VTOL) dengan basis tenaga listrik terkecil di dunia.
0
Perusahaan Slowakia Sukses Lakukan Uji Terbang Mobil Terbang
Sebuah mobil dengan sayap baru saja menyelesaikan uji terbang di Slowakia, sebagian pakar menilai hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat