UNTUK INDONESIA
Pertashop Bikin Warga Kulon Progo Mudah Dapat BBM
Warga Kulon Progo sekarang lebih mudah mendapatkan BBM setelah hadir Pertashop di dua lokasi, yakni di Lendah dan Samigaluh.
Bupati Kulon Progo Sutedjo melakukan uji coba mengisi bahan bakar minyak di Pertashop. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Demi memudahkan masyarakat Desa untuk mendapatkan BBM dan produk Pertamina lainnya, Pemerintah menghadirkan Pertamina Shop atau Pertashop. Program ini merupakan kemitraan antara Kementerian dalam negeri (Kemendagri) dan PT. Pertamina (Persero) yang merupakan penyalur resmi bahan bakar minyak.

Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, ada enam titik Pertashop, yaitu satu titik di Sleman, tiga titik di Gunungkidul dan dua titik di Kulon Progo. Kedua titik di Kulon Progo tersebut ada di di Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah dan di Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh.

Sales Area Manager Pertamina wilayah DIY, Pande Made Andi Suryawan mengatakan, program Pertashop dirintis agar masyarakat dapat menikmati harga, kualitas produk, dan takaran yang sama seperti SPBU. Di sisi lain, Pertashop ini harapannya juga akan menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian bagi kalurahan Bumirejo.

“Sumber energi yang sehari-hari dipakai masyarakat adalah elpiji dan BBM. Saat ini pangkalan elpiji sudah ada di setiap desa, sedangkan untuk BBM belum bisa merata. Sehingga untuk dapat menjangkau masyarakat desa, maka dibuat konsep pertashop ini yang harganya sama dengan SPBU," ucap Pande Made Andi Suryawan, di Kulon Progo, Senin, 24 Agustus 2020.

Pertashop juga bermanfaat bagi Bumdes, karena akan punya hasil usaha yang lebih dan meningkatkan pendapatan asli desa.

Andi menjelaskan, ada aturan pendirian Pertashop, yang harus didirikan di Kapanewon yang belum memiliki SPBU. Jika sudah memiliki SPBU, syaratnya harus berjarak 10 km dari tempat Pertashop tersebut agar omzet Pertashop bisa baik dan disisi lain tidak menganggu omzet SPBU lain.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan, Pertashop merupakan komitmen pemerintah untuk membangun dan menggeliatkan perekonomian desa, serta mendekatkan pelayanan BBM berkualitas ke desa.

“Pertashop adalah aktivitas ekonomi yang harus didukung karena sangat bermanfaat untuk mendekatkan akses BBM masyarakat pedesaan. Pertashop juga bermanfaat bagi Bumdes, karena akan punya hasil usaha yang lebih dan meningkatkan pendapatan asli desa,” jelas Sutedjo.

Sedangkan, Lurah Bumirejo, Edi Winarno, menuturkan, pihaknya berencana akan mengembangkan usaha dan fasilitas pendukung lainnya di sekitar Pertashop tersebut. "Kami akan berupaya untuk mengembangkannya," tutur Edi. []

Berita terkait
Kritik Stiker BBM di Aceh Tak Ada di Mobil Pejabat
Pemerintah Aceh segera membuat stiker untuk mobil dinas, agar mengantisipasi oknum pejabat menyalahgunakan dalam pengisian BBM di Aceh.
Adaptasi Kebiasaan Baru, Konsumsi BBM Pertamina Naik
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III mencatat kenaikan konsumsi BBM di masa adaptasi kebiasaan baru mencapai 91 persen.
Program Pinky, Kepedulian Pertamina Terhadap UMKM
Pertamina menggulirkan program kemitraan Pinky Movement untuk memberikan permodalan pinjaman kredit bergulir super lunak.
0
Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Botak, Mitos atau Fakta?
Topi dipakai untuk pelengkap penampilan. Namun ada anggapan sering memakainya memicu kebotakan pada rambut. Mitos atau fakta ya?