UNTUK INDONESIA
Program Pinky, Kepedulian Pertamina Terhadap UMKM
Pertamina menggulirkan program kemitraan Pinky Movement untuk memberikan permodalan pinjaman kredit bergulir super lunak.
Program kemitraan Pinky Movement Pertamina. (Foto: Istimewa)

Padang - Pandemi yang melanda dunia telah mengguncang semua lini kehidupan, tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia.

Program konversi elpiji 3 kilogram ke Bright Gas itu kami lakukan, karena UMKM yang handal tidak bergantung pada barang-barang bersubsidi.

Berdasarkan data Lipi di akun Lipi.go.id, berbagai dampak pendemi terhadap UMKM di antaranya, penurunan penjualan yang dialami UMKM hingga 94,69 persen. Sebagian besar dialami pengusaha offline hingga 47,44 persen.

Penurunan penjualan tersebut membuat penurunan omset penjualan sebesar 75 persen serta prediksi usaha yang tutup setelah November 2020 juga mencapai 72,02 persen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina menggulirkan Program Kemitraan Pinky Movement, yaitu program pemberian permodalan pinjaman kredit bergulir super lunak berikut pembinaannya kepada para UMKM.

General Manager Pertamina MOR I, Gema Iriandus Pahalawan mengatakan, permodalan nilai pinjam pada program kemitraan Pinky Movement maksimum Rp200 juta dan masa pengembalian pinjaman maksimal selama 36 bulan dengan jasa administrasi 3 persen, menurun pertahun.

Selain memberikan pinjaman kredit bergulir, Pertamina, kata Gema melanjutkan, juga mendorong para pelaku UMKM binaan untuk dapat menggunakan elpiji non subsidi melalui program konversi elpiji 3 kilogram ke Bright Gas.

"Program konversi elpiji 3 kilogram ke Bright Gas itu kami lakukan, karena UMKM yang handal tidak bergantung pada barang-barang bersubsidi. Jadi, program ini juga membuat distribusi elpiji subsidi semakin tepat sasaran," katanya, Senin, 17 Agustus 2020.

Gema menuturkan, program kemitraan Pinky Movement ini digulirkan untuk mendukung UMKM bangkit dari tekanan ekonomi akibat pandemi. Di samping itu, juga menjalankan pembinaan dan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM binaannya.

"Pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan Pinky Movement, dapat menghubungi melalui telpon Pertamina 135 maupun mengakses situs www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan email: [email protected]," ujarnya.

Pemilik Rumah Makan Ikan Bakar 17 di Jalan Sei Batanghari, Medan, bernama Johari, salah satu pelaku UMKM yang mengikuti program kemitraan Pinky Movement menyebut program ini sangat membantu, terutama dalam situasi pandemi saat ini.

"Saya merasa bersyukur dengan program kemitraan Pinky Movement ini. Selain memberi pinjaman dengan kredit sangat ringan, Pertamina juga memberikan program tukar tabung bright gas," katanya. []

Berita terkait
HUT ke-75 RI, Pertamina Klaim Berkelas di Pasar Dunia
PT Pertamina (Persero) mengklaim telah mampu menjadi perusahaan energi berkelas di dunia jelang Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.
Covid-19 Bikin Pertamina Delivery Service Meningkat
T Pertamina (Persero) mencatat adanya kenaikan permintaan pengiriman BBM mapun LPG melalui program Pertamina Delivery Service (PDS).
Pertamina Papua, Gencar Sosialiasi Cegah Covid di SPBU
Pertamina gencar mensosialisasikan pentingnya disiplin menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di SPBU.
0
Donald Trump dan Joe Biden Saling Serang di Debat Pilpres AS
Capres petahana Presiden Donald Trump (Republik) dan penantangnya Joe Biden (Demokrat) saling sering ketika sesi debat terakhir dibuka