UNTUK INDONESIA
Persiraja Rencanakan Bawa Pulang Pemain Asal Aceh
Tim promosi Liga 1 Persiraja Banda Aceh merencanakan membawa pulang para bintang sepak bola asal Aceh untuk memperkuat tim di kasta tertinggi.
Tim promosi Persiraja Banda Aceh merencanakan membawa pulang para bintang sepak bola asal Aceh untuk memperkuat tim di kasta tertinggi. Pemain Persiraja saat merayakan keberhasilan lolos ke Liga 1. (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf)

Banda Aceh - Tim promosi Liga 1 Persiraja Banda Aceh merencanakan membawa pulang para bintang sepak bola yang merantau dan bergabung dengan klub-klub lain. Ini merupakan upaya Persiraja membangun skuat yang kuat dan tim tak sekadar numpang lewat di kasta tertinggi. 

Persiraja menyadari persaingan di Liga 1 bakal lebih ketat di musim depan. Bila tidak mempersiapkan skuat dengan baik, Persiraja bisa saja kembali ke Liga 2. Laskar Rencong tentu tak ingin bernasib sama seperti Kalteng Putra yang hanya bertahan satu musim karena sudah dipastikan terdegradasi. 

Demi membangun skuat yang solid dan kuat, presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam merencanakan membawa pulang para bintang asal Aceh yang bertebaran di berbagai klub liga. Menurut Dek Gam Aceh sesungguhnya tak kekurangan pemain bertalenta. Terbukti banyak di antara mereka yang merantau dengan memperkuat klub-klub papan atas. 

Saat ini beberapa pemain asal Aceh yang bermain di kasta tertinggi seperti Zulfiandi (Madura United), Aulia Hidayat (Perseru Badak Lampung FC) dan TM Ichsan (Bhayangkara FC). Bahkan Zulfiandi menjadi salah satu dari dua pemain senior yang dipanggil pelatih Indra Sjafri memperkuat tim nasional U-23 yang berlaga di SEA Games 2019. 

Selain itu ada bek sayap Ismed Sofyan yang sudah lama malang-melintang di kasta tertinggi bersama Persija Jakarta. Ismed yang menghabiskan kariernya di klub ibu kota itu masih menunjukkan sebagai pemain andalan. Dirinya pun masih sulit tergantikan di Persija. 

Ada pula Miftahul Hamdi (Bali United), Miswar Saputra dan Andri Mulyani (Persebaya Surabaya). Mereka kebetulan pernah dibesarkan oleh Persiraja.

Hanya Dek Gam tidak akan langsung menindaklanjuti rencana itu. Pasalnya, dia masih harus berkonsultasi dengan pelatih terkait kebutuhan pemain.

“Saya harus konsultasi dulu dengan pelatih. Siapa saja yang ingin kami bawa pulang. Paslanya posisi mereka berbeda-beda. Jadi kami butuh yang mana. Bila butuh pemain tengah, siapa yang layak dibawa pulang," kata Dek Gam di Banda Aceh, Jumat 13 Desember 2019. 

"Kami akan membangun komunikasi dengan pemain asal Aceh. Saya juga mengimbau pemain putera daerah untuk membantu Persiraja,” ujar Dek Gam.

Terkait pemain lama yang membawa Persiraja promosi ke Liga 1, Dek Gam menyatakan tidak semua dipertahankan. Menurutnya ada 80 persen yang kemungkinan dipertahankan. Sedangkan 20 persen diisi pemain asing dan pemain lokal. 

Persiraja promosi ke Liga 1 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0 dalam perebutan tempat ketiga. Sedangkan dua tim promosi lainnya, Persik Kediri dan Persita Tangerang. []

Berita terkait
Diverifikasi, Stadion Persiraja Tak Penuhi Syarat
Stadion Harapan Bangsa yang menjadi home base Persiraja Banda Aceh dinilai memprihatinkan dan tak memenuhi syarat untuk pertandingan Liga 1.
Persiraja Lirik Pemain Liga Thailand dan Malaysia
Persiraja Banda Aceh bergerak cepat merancang skuat dengan mengincar pemain yang berkompetisi di Malaysia dan Thailand.
Persiraja Bertekad Ulangi Sukses Juara Perserikatan
Persiraja Banda Aceh mengakhiri penantian panjang untuk kembali ke Liga 1. Kini, mereka ingin mengulangi sukses saat juara Perserikatan 1980.
0
Tokopedia Akui Data Penggunanya Dibobol Hacker
Platform belanja online Tokopedia membenarkan ada upaya pencurian data terhadap penggunannya oleh hacker. Untuk itu mereka sedang menginvestigasi.