UNTUK INDONESIA
Persipura Mulai Incar Papan Atas Liga
Persipura Jayapura berhasil memperbaiki posisinya setelah mengalahkan PS Tira Persikabo 3-0 di pertandingan Shopee Liga 1 2019.
Persipura Jayapura memperbaiki posisinya setelah mengalahkan PS Tira Persikabo 3-0 di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu 2 Oktober 2019. Kapten Persipura Boaz Salossa saat merayakan gol di pertandingan itu. (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

Jayapura - Persipura Jayapura mulai mengincar papan atas Shopee Liga 1 2019. Kemenangan 3-0 atas PS Tira Persikabo dalam laga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu 2 Oktober 2019, menjadikan Persipura kian diperhitungkan karena berhasil memperbaiki posisinya.

Persipura secara pelahan terus naik peringkat. Kemenangan atas PS Tira menjadikan mereka menduduki posisi keenam dengan poin 33. 

Persipura memang sudah tertinggal 15 poin dari pimpinan klasemen Bali United. Namun jarak poin mereka dengan tim-tim di atasnya sudah sangat dekat. 

Kami menang mudah dan seharusnya tanpa perlu mendapatkan kartu. Saya juga memberi apresiasi kepada pemain karena bermain lebih bijak dan efektif dalam bermain. Mereka mampu sepenuhnya menguasai permainan

Kini, Persipura hanya terpaut tiga poin dari PS Tira yang menduduki peringkat dua. Padahal, The Army sudah menyelesaikan dua pertandingan. Sedangkan Persipura baru 20 laga yang dituntaskan. 

Demikian pula jarak poin tim Mutiara Hitam dengan Madura United yang menduduki peringkat tiga hanya dua poin. Madura United sendiri sudah melakoni 21 laga. 

Peluang Persipura untuk memperbaiki posisinya masih sangat terbuka. Pelatih Jacksen F. Tiago pun berharap timnya bisa masuk ke papan atas. Menurutnya semua masih memungkinkan terjadi di kompetisi Liga 1. 

Persipura mengambil langkah tepat saat melakukan pergantian pelatih. Setelah memberhentikan Luciano Leandro yang gagal mengangkat performa tim, posisinya pun digantikan Jacksen yang sesungguhnya juga gagal mengangkat Barito Putera

Meski Jacksen gagal di Barito Putera, namun pelatih asal Brasil ini pernah meraih sukses bersama Persipura. Saat kembali ke Jayapura, sentuhan Jacksen pun tetap memberikan hasil yang mengesankan. Persipura yang terpuruk diantarnya ke papan tengah dan kini berpeluang naik ke papan atas.

Tak hanya itu, tim juga menunjukkan konsistensinya. Dari lima laga terakhir, mereka meraih tiga kemenangan dan sekali imbang melawan PSS Sleman

Satu-satunya kekalahan dialami Persipura saat menjamu Persib Bandung. Mereka dipaksa menyerah 1-3.

Menunjukkan Kepuasan

Jacksen pun menunjukkan kepuasaannya saat memenangi laga terakhir melawan PS Tira. Apalagi, mereka harus bermain dengan 10 pemain. Bahkan setelah Andre Ribeiro dikartu merah, Persipura malah berhasil mencetak dua gol. Menurut dia tim menunjukkan performa terbaik di laga tersebut. 

"Kami menang mudah dan seharusnya tanpa perlu mendapatkan kartu. Saya juga memberi apresiasi kepada pemain karena bermain lebih bijak dan efektif dalam bermain. Mereka mampu sepenuhnya menguasai permainan," kata Jacksen. 

Sementara Andre Ribeiro merasa senang tim mampu mempertahankan keunggulan setelah dirinya dikartu merah. 

"Hasil yang luar biasa karena kami mengalahkan tim yang menjadi salah satu saingan kami di papan atas," ujar Andre.

Di laga itu, bintang muda Todd Rivaldo Ferre memborong dua gol bagi kemenangan Persipura. Gol pertama tercipta saat laga baru berjalan lima menit. 

Sedangkan gol kedua baru dicetaknya di menit 85. Dia menyelesaikan assist dari Valentino Telaubun. Pemain depan veteran Boaz Solossa memantapkan keunggulan tim dari titik penalti pada injury time. []

Berita terkait
Jacksen Akui Persipura Kesulitan Taklukkan PSM
Pelatih Jacksen F. Tiago mengakui Persipura Jayapura mengalami kesulitan meski mengalahkan PSM Makassar 3-1 di Sidoarjo, Jumat 27 September 2019.
Liga 1: Persipura Jayapura 3 - 1 PSM Makassar
Laga lanjutan Liga 1 antara Persipura Jayapura dengan PSM Makassar di Sidoarjo berakhir dengan skor 3-1
Persipura Tetap Optimistis Ladeni Persib di Sidoarjo
Persipura Jayapura optimistis meladeni Persib Bandung meski bermain di luar Jayapura. Mereka menjamu Persib di Sidoarjo, Senin, 23 September 2019.
0
Himasil Lhokseumawe Galang Dana Kebakaran Pesantren
Himasil Lhokseumawe melakukan aksi galang dana untuk korban musibah kebakaran Pesantren Al-Waliyah Darussalam, Aceh Selatan.