UNTUK INDONESIA
Persebaya Datangkan Pemain Timnas Abduh Lestaluhu?
Bek timnas Abduh Lestaluhu disebut-sebut bergabung dengan Persebaya Surabaya. Dia akan bergabung saat tim menjalani pemusatan di Yogyakarta.
Persebaya Surabaya menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta mulai Rabu 15 Januari 2020. Selama pemusatan latihan, Persebaya juga merencanakan mendatangkan pemain baru.(Foto; Tagar/Haris Dwi Susanto)

Surabaya - Persebaya Surabaya merencanakan menambah pemain di tengah pemusatan latihan di Yogyakarta. Bek kiri tim nasional Abduh Lestaluhu disebut-sebut akan bergabung dengan Persebaya saat menjalani pemusatan. Namun pelatih Aji Santoso masih belum menyebutkan siapa yang akan direkrutnya karena ingin membuat kejutan. 

Pelatih Aji menuturkan bakal ada kejutan di tengah persiapan tim di Yogyakarta. Ya, tim menjalani pemusatan selama 10 hari. Rabu 15 Januari 2020, mereka tiba di Yogyakarta. Pada sore hari, para pemain sudah menjalani latihan ringan. 

Latihan pun hanya sekitar satu jam di Lapangan UNY. Dalam latihan, tiga pemain asing, David da Silva (Brasil), Aryn William (Australia) dan Mahmoud Eid (Palestina) yang baru bergabung dengan Persebaya, sudah mengikuti latihan. 

Saya masih bernegosiasi dengan salah satu pemain. Kalau sudah sepakat dia akan bergabung di Yogyakarta

Pemain baru menjalani latihan secara intensif mulai Kamis 16 Januari 2020 pagi dan sore. Mereka juga akan menjalani tes fisik yang dilakukan pada pagi hari. 

Selama pemusatan latihan, pelatih Aji menyebut akan ada kejutan. Namun ia masih belum bisa mengutarakannya meski kejutan itu terkait dengan perekrutan pemain baru.

"Tunggu saja akan ada kejutan. Dilihat saja ada apa saat pemusatan latihan," kata Aji.

Kabar yang beredar, Persebaya akan mendatangkan bek timnas Abduh Lestaluhu. Pemain timnas asal Tulehu, Ambon, ini terakhir kali memperkuat PS Tira Persikabo. 

Menurut informasi kedua belah pihak masih menyelesaikan negosiasi. Bila tercapai kesepakatan, Abduh segera bergabung dengan tim yang berada di Yogyakarta. 

Aji sendiri enggan membeberkan pemain yang dibidiknya. Dia hanya menyebtukan sejauh ini masih menjalin komunikasi dengan pemain incarannya. 

"Saya masih bernegosiasi dengan salah satu pemain. Kalau sudah sepakat dia akan bergabung di Yogyakarta," ujar dia. 

Menurut eks pelatih Persela Lamongan ini, pemain yang diincarnya menempati posisi kiper dan pemain belakang. Aji merasa perlu menambah kiper menyusul kepergian kiper Miswar Saputra yang bergabung dengan PSM.

"Manajemen juga mengetahui, kalau tim masih kekurangan pemain. Untuk posisi kiper dan dan bek, kami butuh pemain," ujar pelatih asal Malang ini.

Selama pemusatan di Yogyakarta, Aji akan menerapkan beberapa program, salah satunya pembentukan karakter dan mental. Selanjutnya, tim berharap bisa melakukan uji coba dengan tim-tim DIY. 

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta ini berharap Persebaya mendapat lawan selevel dari Liga 1. Ini berarti, Persebaya berharap bisa beruji coba melawan PSS Sleman

"Sampai menjelang kompetisi atau Piala Presiden, kami mungkin menjalani tiga sampai empat uji coba dengan tim yang selevel. Kita lihat apakah bisa beruji coba melawan PSS," ucap dia.

Selama di Yogyakarta, kami tidak hanya mematangkan persiapan fisik, teknik dan taktik. Tak kalah pentingadalah soal mental bertanding," kata Aji memungkasi. []

Berita terkait
Pelatih Aji Santoso Bawa Persebaya ke Yogyakarta
Pelatih Aji Santoso membawa tim Persebaya Surabaya ke Yogyakarta untuk menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi musim 2020.
Hajar Persis Solo 4-0, Persebaya Masih Belum Kompak
Pelatih Persebaya Aji Santoso berkilah belum kompak saat menghadapi Persis Solo karena pemain baru berkumpul sepekan lalu.
Cak Nun Doakan Persebaya Juara Liga 1 Indonesia
Manajemen Persebaya Surabaya menggelar pengajian dan doa bersama setelah berhasil meraih hasil maksimal di Liga 1 Indonesia 2019 lalu.
0
Harun Masiku Hilang, KPK Perpanjang Penahanan Wahyu
KPK melakukan perpanjangan penahanan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan satu tersangka suap PAW DPR lainnya.