UNTUK INDONESIA
Pelatih Aji Santoso Bawa Persebaya ke Yogyakarta
Pelatih Aji Santoso membawa tim Persebaya Surabaya ke Yogyakarta untuk menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi musim 2020.
pelatih Aji Santoso membawa tim Persebaya Surabaya ke Yogyajarta untuk menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta selama 10 hari sebagai persiapan menghadapi kompetisi musim 2020. (Foto: Tagar/Haris Dwi Susanto)

Jakarta - Pelatih Aji Santoso membawa tim Persebaya Surabaya ke Yogyakarta. Tim akan menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta sebagai persiapan menghadapi kompetisi musim 2020.

Persebaya menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta selama 10 hari, mulai Rabu 15 Januari 2020 sampai 25 Januari 2020. Pelatih Aji bersama para asistennya bakal menggojlok pemain dengan latihan keras di Lapangan UNY. Di tempat itu pula, Aji bersama asistennya, Benny van Breukelen dan Mustaqim, melatih tim nasional U-23 yang berlaga di Asian Games 2014. 

Menurut Aji pemusatan latihan di UNY akan dimanfaatkan untuk memadukan dan meningkatkan kualitas fisik pemain. Selain itu, dia ingin meningkatkan cara bermain, serta pemahaman satu pemain dengan pemain lain.

Persebaya tahun ini tak hanya berlaga di Liga 1. Kami juga tampil di Piala Presiden dan ASEAN Club Championship

"Antarpemain harus padu agar permainan Persebaya lebih optimal di lapangan," ucap Aji seperti dikutip Antara.

Tak hanya itu, Aji juga ingin meningkatkan fisik pemain. Pasalnya, tim akan menjalani tidak hanya kompetisi domestik tetapi juga sejumlah turnamen, termasuk di level Asia

"Persebaya tahun ini tak hanya berlaga di Liga 1. Kami juga tampil di Piala Presiden dan ASEAN Club Championship," ujar mantan pelatih PSIM Yogyakarta ini.

Musim ini, Aji yang menangani Persebaya sejak awal berharap tim tamil lebih variatif dan berkembang. Dirinya tidak ingin melihat penampilan tim yang monoton, terutama bila hanya mengandalkan para pemain yang tak pernah berubah. 

Saat ditunjuk melatih tim Bajul Ijo selama sembilan pertandingan terakhir, Aji memang sudah menerapkan pola tersebut. Dirinya tidak pernah menurunkan tim dengan komposisi pemain yang sama. Semua pemain diberi kesempatan bermain kecuali kiper yang tak tergantikan. 

"Saya ingin ada kompetisi sehat di tim ini. Pemain tidak hanya sebagai pelengkap daftar susunan pemain atau menemani pemain lainnya saat latihan. Semua harus bersaing dan siap dimainkan kapan pun," ujar pelatih yang juga sempat menangani Persela Lamongan itu. 

Selama pemusatan latihan tidak menutup kemungkinan diikuti pemain baru. Namun, pelatih yang pernah mengantarkan Persebaya juara di Liga Indonesia saat masih sebagai pemain ini belum bersedia membeberkan pemain yang akan bergabung. 

Menurutnya masih ada proses yang harus dilalui sebelum mereka menjadi bagian dari Persebaya. "Tunggu saja saat pemusatan latihan nanti," tutur Aji. []

Berita terkait
Hajar Persis Solo 4-0, Persebaya Masih Belum Kompak
Pelatih Persebaya Aji Santoso berkilah belum kompak saat menghadapi Persis Solo karena pemain baru berkumpul sepekan lalu.
Cak Nun Doakan Persebaya Juara Liga 1 Indonesia
Manajemen Persebaya Surabaya menggelar pengajian dan doa bersama setelah berhasil meraih hasil maksimal di Liga 1 Indonesia 2019 lalu.
Eks Striker PSIS Bangga Gabung dengan Persebaya
Mantan striker PSIS Semarang Bayu Nugroho merasa bangga bisa bergabung dengan Persebaya Surabaya di kompetisi musim depan.
0
India Bantah Tudingan FPI Diskriminasi Umat Muslim
Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat membantah tudingan pemerintahannya mendukung diskriminasi terhadap warga muslim di India