UNTUK INDONESIA
Pernah Bahas Talak dalam Ceramah, UAS Cerai Juga
UAS pernah memberikan nasehat kepada jamaah yang menghadiri pengajiannya mengenai perceraian.
Ustaz Abdul Somad menggelar konferensi pers berkaitan kontroversi ceramah \'salib jin kafir\' di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Pendakwah Ustaz Abdul Somad resmi bercerai dengan istrinya Mellya Juniarti, setelah permohonan cerai dikabulkan Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Kuasa hukum sosok penceramah yang akrab disapa UAS, Hasan Basri membenarkan putusan talak oleh Pengadilan Agama itu. "Iya, kemarin hari Selasa (3 Desember 2019) diputus di Pengadilan Agama Bangkinang," kata Hasan di Pekanbaru, seperti dilansir Antara,Rabu, 4 Desember 2019.

UAS sebutan akrab Ustaz Abdul Somad menikahi Mellya Juniarti pada 20 Oktober 2012 di Riau. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai seorang anak.

Ceramah UAS Tentang Cerai

UAS pernah memberikan nasehat kepada jamaah yang menghadiri pengajiannya. Saat itu UAS mendapat pertanyaan terkait orang yang cerai apakah dinamakan sebagai salah jodoh.

"Ndak ada salah jodoh. Ada yang bisa dipilih ada yang tidak. Saya antara ceramah berdiri dengan ceramah duduk milih atau nggak milih," kata UAS dalam ceramahnya yang diunggah akun Youtube Ceramah Sunnah Muakkad, pada 9 April 2019.

Dalam kesempatan itu, UAS berpesan untuk berhati-hati dalam memilih pasangan. Manusia diberi kebebasan dalam memilih jodoh, maka hendaknya tidak terburu-buru. "Begitu juga jodoh, kau diberi Allah kuasa, kau menikah dengan Khodijah atau dengan Khotimah atau Aisyah. Makanya jangan cepat-cepat," lanjutnya.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika pasangan ingin menjalin rumah tangga maka disarankan terlebih dahulu bermusyawarah. Minta pendapat orang lain sebelum melangsungkan pernikahan. "Musyawarahlah, kalau sudah musyawarah tidak mempan, Faidza azamta (membulatkan tekat), maka nikahlah. Tidak ada salah jodoh," kata UAS.

Namun, ketika dalam perjalanan pernikahan terjadi perselisihan, maka ada empat tahapan sebelum memutuskan untuk bercerai. Yang pertama kali dilakukan oleh seorang laki-laki ialah menasehati istrinya. "Bahwa kemudian tidak sesuai, (cerai) itu ada langkahnya. Ternyata yang perempuan ngelawan, itu nusyuz (durhaka). Perempuan nusyuz jangan langsung dicerai. Nasehati dia, masih ngelawan, (langkah kedua) pindah tempat tidur," tutur ustaz asal Riau itu.

Jika sudah pisah ranjang, si perempuan masih tidak bisa memperbaiki sifatnya, maka perlu menggunakan langkah ketiga, yaitu pukul untuk menyadarkan kesalahannya. "Ketiga tempeleng, tapi bisa kena kekerasan dalam rumah tangga ditangkap sama Kapolsek. Karena pasal-pasalnya jelas," ujarnya lagi.

Keempat adalah proses mediasi, dalam tahapan keduanya duduk bersama untuk membicarakan masalah yang ada. Jika perlu bisa mendatangkan orang lain untuk bersama-sama mencari jalan keluar. "Mediasi gagal lalu kemudian talak. Jadi bukan dikit-dikit talak, laki-laki baru menikah dikit-dikit cerai. Makanya ngaji biar ngerti," Katanya mengakhiri jawaban terkait pertanyaan soal cerai. []

Berita terkait
Dampak Perceraian UAS dan Mellya Juniarti
Dampak Perceraian UAS dan Mellya Juniarti bisa merugikan anak mereka.
Hak Istri Ketika Diceraikan, Seperti Nasib Istri UAS
Kabar perceraian Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan istrinya Mellya Juniarti mengejutkan masyarakat Indonesia.
Ulama di Jabar Sayangkan Perceraian UAS
Ulama di Jawa Barat sangat menyayangkan perceraian yang terjadi antara Ustad Abdul Somad.
0
Eks Camp Vietnam Bakal Dipakai Pasien Virus Corona
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyiapkan rumah sakit khusus pasien virus corona.