Perkembangan Layanan Perbankan dalam Menyesuaikan Era Digital

Layanan ini dapat diakses melalui smartphone yang telah ditambahkan sistem aplikasi perbankan sepanjang terhubung dengan jaringan internet.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Di era digital saat ini, sudah barang tentu semua fasilitas hampir beralih digital atau menggunakan teknologi. Lalu, bagaimana dengan industri perbankan di Indonesia. Pada dasarnya layanan perbankan digital tidak berbeda jauh dengan layanan perbankan secara fisik.

Perbedaannya hanya terletak pada fitur layanan perbankan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah melalui tanpa perlu datang ke kantor cabang bank. Layanan tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui smartphone yang telah ditambahkan sistem aplikasi perbankan sepanjang terhubung dengan jaringan internet.

Dengan kata lain, layanan perbankan digital memungkinkan calon nasabah atau nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah Bank.

Berikut layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank untuk meningkatkan pelayanan.


1. Phone Banking

Phone Banking adalah sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan informasi dan transaksi perbankan dengan cara menghubungi nomor telepon tertentu dari bank. Layanan phone banking ini merupakan salah satu dari perkembangan teknologi call center.

Pada umumnya layanan phone banking dapat diakses selama 24 jam sehingga nasabah dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Fitur phone banking antara lain informasi perbankan misalnya informasi suku bunga, kurs, info produk bank, lokasi ATM dan kantor cabang, transaksi perbankan misalnya informasi saldo, pembayaran tagihan listrik, telepon pasca bayar, kartu kredit, pemindahbukuan, transfer antar bank, pembelian isi ulang pulsa, mutasi rekening, perubahan PIN dan data nasabah.


2. SMS Banking

SMS Banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan nasabah melalui telepon seluler (ponsel) dengan format Short Message Service (SMS). Nasabah dapat mengirimkan SMS dengan cara mengetik SMS sesuai dengan format SMS yang telah ditentukan ke nomor telepon bank untuk melakukan transaksi.

Fitur SMS Banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, dan suku bunga); dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur lainnya.


3. Mobile Banking

Mobile Banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur/menu yang disediakan pada aplikasi perbankan yang diunduh dan diinstall melalui smartphone.

Mobile banking menawarkan kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan SMS banking.

Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat); dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur lainnya.


4. Internet Banking

Internet Banking merupakan salah satu layanan jasa perbankan yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi dan melakukan transaksi perbankan dengan memanfaatkan jaringan internet melalui website milik bank.

Fitur layanan internet banking antara lain informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, kartu kredit, informasi mutasi rekening, transfer dana, baik transfer antar rekening maupun antar bank, pembelian pulsa, pembelian tiket, penempatan deposito, layanan informasi seperti suku bunga dan kurs, dan pembayaran, misalnya pembayaran telepon, internet, kabel TV, asuransi, listrik dan berbagai jenis pembayaran lainnya. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga:



Berita terkait
Mengenal Bank Digital dan Berbagai Keunggulannya
Sebagai bentuk inovasi teknologi, bank digital menawarkan ragam keuntungan yang bisa dinikmati oleh nasabah.
Jadi Bank Pertama Milik Pemerintah, Ini Profil Bank Rakyat Indonesia
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) merupakan salah satu bank terbesar milik pemerintah yang telah berdiri sejak 16 Desember 1895.
Bank Tanah Wujudkan Keadilan Pertanahan & Ekonomi
Bank Tanah dibentuk untuk menjawab permasalahan pertanahan yang selama ini terjadi seperti harga tanah yang tinggi ketersediaan tanah dan lainnya.
0
Bintang Drakor Son Ye Jin Hamil Anak Pertama
Meski tidak menyebutkan secara gamblang, bintang drama Thirty Nine itu menyebut ada kehidupan baru yang datang kepadanya dan Hyun Bin.