UNTUK INDONESIA

Perjalanan Karier Joe Taslim, Aktor Indonesia Go International

Nama Joe Taslim melambung dan menjadi sorotan publik saat dirinya tampil di film Fast and Furious 6 pada 2013 silam.
Joe Taslim dalam foto yang di unggah di media sosial miliknya. (Foto: Instagram/joe_taslim)

Jakarta - Joe Taslim merupakan aktor laga asal Indonesia yang sudah Go International. Namanya melambung dan menjadi sorotan publik saat dirinya tampil di film Fast and Furious 6 pada 2013 silam. Hingga saat ini, Joe sudah malang melintang di dunia perfilman, baik di Tanah Air maupun luar negeri.

Belum lama ini Joe juga ikut terlibat dalam film asal Korea Selatan, The Swordsman. Pemilik nama lengkap Johannes Taslim itu diajak bergabung dalam proyek tersebut setelah bertemu dengan tokoh penting perfilman Korsel saat menghadiri sebuah penghargaan di Negeri Gingseng;

"Jadi awal mula tahun 2016 itu saya diundang ke Korea untuk menerima penghargaan sebagai aktor Asia yang berhasil membawa nama Asia di pentas global, jadi ada aktor Jepang, saya, dan satu aktor Thailand," kata Joe dalam Instagram resmi Cgv.id, dikutip Tagar, Senin, 30 November 2020.

Johannes Taslim, lahir di Palembang, 23 Juni 1981, dari pasangan Mardjuki Taslim dan Maria Gorrety. Ia menikah dengan Julia pada tahun 2004 dan dikaruniai tiga orang anak yang bernama Mikaveli Taslim, Hiero Joe Taslim, dan Kaara Ofelia Taslim.

Joe mengawali karir sebagai atlet dan mengikuti beberapa kompetisi kejuaraan. Sejak usia dini ia sudah mempelajari bela diri dan menguasai Wushu, Pencak Silat, Taekwondo, dan Judo. Namun, pria berwajah oriental ini lebih menyukai Judo dari keputusan itu menjadikannya atlet Judo professional.

Joe Taslim kemudian memutuskan pensiun dari dunia atlet profesional karena mengalami cedera. Dua belas tahun di dunia beladiri Judo, ia banyak memenangkan kejuaraan nasional.

Joe TaslimJoe Taslim bersama ibunya, saat menghadiri Singapore Judo Tournament 1999. (Foto: Instagram/joe_taslim)

Sukses di dunia olahraga Judo, Joe beralih ke dunia seni peran. Hingga saat ini Joe Taslim sudah menjadi aktor Indonesia yang Go International. Sejumlah film dan seri yang sudah dibintanginya sejak 2008.

Joe Taslim memulai debutnya di kancah perfilman dengan bermain di film Karma (2008). Setelah itu, ia dipercaya untuk memainkan sejumlah peran di berbagai judul film populer termasuk The Raid: Redemption (2012), Fast Furious 6 (2013), La Tahzan (2013), Star Trek Beyond (2016), Surat Kecil untuk Tuhan (2017), The Night Comes For Us (2018).

Dia juga bermain di film Hit & Run (2019), Warrior season 1 & 2 (2019 – 2020), The Swordsman (2020), serta tampil sebagai Sub Zero di film Mortal Kombat yang diagendakan untuk dirilis pada 2021 mendatang.

Tidak hanya bermain di sejumlah film, Joe juga tampil di beberapa iklan dari berbagai produk, seperti Vitacharm (2004 – 2006), LG G2 (2013), Vaseline Men (2014), Kratingdaeng (2014), Halo Fit Hybrid (2014), Head & Shoulders (2019), Free Fire x Money Heist (2020), Gopay (2020), dan lain-lain.

Joe TaslimJoe Taslim berpose bersama Justin Lin. (Foto: Instagram/joe_taslim)

Sepanjang berkarier sebagai atlet dan aktor di dunia hiburan, Joe Taslim juga tercatat meraih sederet penghargaan, termasuk Medali perak SEA Games (2007) dan Medali emas Pekan Olahraga Nasional (2008).

Ia juga memenangi penghargaan Best Actor at Indonesian Movie Award (2014), Favorite Actor at Indonesia Kid’s Choice Awards (2015), Best APAN Star Award at APAN Star Award (2016, dan Actor of the Year at Style Award (2017). []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Deretan Artis K-Pop Ulang Tahun di Bulan Desember
Berikut Tagar rangkumkan sederet bintang K-Pop yang bakal merayakan hari ulang tahun pada bulan Desember.
Daftar Drama Korea Tayang Bulan Desember 2020
Berikut Tagar rangkumkan sederet judul drama Korea baru yang bakal mulai ditayangkan pada bulan Desember 2020.
Bitto UP10TION Positif Covid-19, Sederet Bintang K-Pop Diperiksa
Sejumah artis K-Pop termasuk NCT, Aespa, Stray Kids, Monsta X hingga Treasure dilaporkan menjalani prosedur pemeriksaan Covid-19.
0
PVMBG: Waspada Lahar Dingin dan Awan Panas Semeru
PVMBG mengingatkan pemerintah dan waktu lahir dingin dan awan panas Gunung Semeru.