Perempuan Penangkap Lobster di Amerika Berusia 101 Tahun

Seorang perempuan berusia 101 tahun yang tinggal di Maine, Amerika Serikat (AS), masih aktif menangkap lobster bersama putranya
Virginia Oliver, 101 tahun, mengukur dan mengikat lobster di kapal putranya Max Oliver, 31 Agustus 2021, di lepas pantai Rockland, Maine, AS (Foto: voaindonesia.com - AP Photo/Robert F. Bukaty)

Jakarta – Seorang perempuan berusia 101 tahun yang tinggal di Maine, Amerika Serikat (AS), masih aktif menangkap lobster bersama putranya. Ia belum berencana untuk pensiun dari profesinya sebagai seorang nelayan lobster.

Sejak memulainya lebih dari 90 tahun lalu, seorang peternak lobster tertua di Maine yang berusia 101 tahun, masih menangkap lobster hingga kini.

Virginia Oliver, penangkap lobster tertua di Negara Bagian Maine dan bahkan mungkin yang tertua di dunia. Ia masih rajin memasang 200 perangkap lobster miliknya di Rockland, Maine, bersama dengan putranya, Max, yang berusia 78 tahun.

"Saya mengikat lobster-lobster itu, mengukurnya dan memasukkannya ke dalam tangki," ujarnya.

Oliver mulai menangkap lobster sejak ia berusia delapan tahun dan hingga kini, ia belum berencana untuk pensiun dari aktivitasnya menangkap lobster. "Saya selalu melakukannya, jadi mungkin akan terus melakukannya,"

Virginia Oliver (kiri), mengobrol dengan putranyaVirginia Oliver (kiri), mengobrol dengan putranya, Max Oliver, saat berangkat ke laut untuk menangkap lobster saat fajar di Rockland, Maine, Selasa, 31 Agustus 2021. Virginia Oliver, 101 tahun, nelayan lobster tertua di negara bagian itu (Foto: voaindonesia.com - AP Photo/Robert F. Bukaty)

Ia memiliki kenangan manis saat mulai menangkap lobster dan bagaimana dia secara dramatis berhenti dari pekerjaan lamanya. Ia masih ingat ketika memberitahu suaminya bahwa ia ingin pergi menangkap lobster bersamanya.

"Waktu itu saya masih bekerja di sebuah tempat percetakan. Saya sudah menikah selama tiga setengah tahun. Suatu hari, ia pulang ke rumah dan melihat halaman rumah yang dipenuhi dengan batu bara. Suami saya berkata, ‘Oh saya kira kamu pergi bekerja’ dan saya mengatakan, ‘Saya tadi pergi ke kantor dan mengatakan, saya ingin berhenti kerja. Saya ingin pergi menangkap lobster bersama kamu," katanya.

Virginia Oliver pegang kemudiVirginia Oliver , 101 tahun, mengemudikan kapal putranya Max Oliver, Selasa, 31 Agustus 2021, di lepas pantai Rockland, Maine. Oliver adalah nelayan lobster tertua di negara bagian dan mungkin yang tertua di dunia. (AP Photo/Robert F. Bukaty)

Ia juga masih ingat beberapa pengalaman mengerikan saat menangkap lobster. "Menantu laki-laki saya menyukai daging kepiting. Jadi suatu hari saya menyisihkan seekor kepiting. Kepiting itu menjepit jari kelingking saya. Jika saja jari kelingking tidak memiliki tulang, kepiting itu pasti akan memotong kelingking saya sampai putus. Saya harus pergi ke dokter dan mendapat tujuh jahitan," kenangnya.

Oliver menambahkan, ia merasa khawatir mengenai kesehatan populasi lobster akibat penangkapan ikan secara besar-besaran akhir-akhir ini (lj/uh)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan

Sumbar Kembali Ekspor Lobster ke China

Politik Ekportir Benih Lobster, Edhy Prabowo Kolusi?

Pusing Akibat Lobster? Bisa Jadi karena Penyakit Ini

Berita terkait
Korupsi Lobster, Dipicu Pengelolaan Biodiversitas yang Buruk
Kasus korupsi lobster yang menyeret Edhy Prabowo, dinilai bentuk kegagalan pemerintah mengelola sumber daya alam, khsususnya biodiversitas.
0
Perempuan Penangkap Lobster di Amerika Berusia 101 Tahun
Seorang perempuan berusia 101 tahun yang tinggal di Maine, Amerika Serikat (AS), masih aktif menangkap lobster bersama putranya