UNTUK INDONESIA
Percobaan Aksi Jambret di Underpass YIA Kulon Progo
Suami istri hampir menjadi korban penjambretan di Underpass YIA Kulon Progo. Beruntung kalung yang dijambret putus dan jatuh di baju korban.
Petugas menunjukkan lokasi kejadian percobaan penjambretan di Underpass YIA Kulon Progo. (Foto: Dok Polsek Temon/Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Aksi percobaan penjambretan terjadi di pintu barat Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) yang terletak di Pedukuhan Selong, Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Jumat, 4 September 2020 pagi.

Warga yang menjadi korban adalah Daliyah, 48 tahun, Pedukuhan Sidorejo, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon. Saat itu sedang bersama Mujianto, usia 52 Tahun, yang merupakan suami korban.

Kapolsek Temon, Komisaris Polisi Riyono mengatakan, pada Jumat, 4 September 2020, korban Daliyah diketahui berboncengan dengan suaminya, seusai pulang dari pasar Glaeng Jangkaran.

Saat memasuki underpass melalui sisi sebelah barat, secara tiba-tiba korban dipepet oleh dua orang laki-laki tidak dikenal. Dua oranng tersebut mengendarai sepeda motor berwarna gelap.

Akibatnya korban dan suaminya terjatuh dan diketahui mengalami sejumlah luka.

Salah satu pelaku, kemudian berupaya menarik paksa kalung yang dipakai korban. Melihat ada upaya perampasan, suami korban kemudian berupaya mempertahankan barang berharga istrinya dengan cara memegangi tangan pelaku. "Akibatnya korban dan suaminya terjatuh dan diketahui mengalami sejumlah luka," kata Riyono, Jumat, 4 September 2020.

Beruntungnya, kalung emas yang dijambret terputus dan terjatuh di dalam baju korban. "Mengetahui aksinya gagal, pelaku kemudian kabur ke arah timur," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas, Inspektur Polisi Satu, I Nengah Jefri mengharapkan agar warga untuk selalu berhati-hati, khususnya jika melintas di jalan yang sepi.

Dia mengatakan, saat melintas di tempat sepi, sebisa mungkin tidak sendirian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diininkan seperti tindak kejahatan. "Selain itu sebaiknya tidak membawa barang berharga yang mencolok dan berlebihan," ujarnya. []

Berita terkait
Gonta-ganti Masker Muluskan Aksi Jambret di Bantul
Pelaku jambret berinisial R, 45 tahun, yang sering beraksi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memanfaatkan masker pelindung wajah.
Kriminal Unik di Gunungkidul, Suami Jambret Istri
Seorang suami menjambret istri sendiri di Gunungkidul, Yogyakarta. Aksi kriminal yang unik. Ini alasannya.
Polisi Tangkap Penjambret di Ring Road Timur Bantul
Polsek Banguntapan, Bantul berhasil menangkap kawanan jambret yang beroperasi di Ring Road Timur.
0
Kasus UU ITE, Mantan Bawahan Seret Nama Cawagub Sumbar
Eri mengaku bahwa pembuatan akun Facebook yang berisikan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik kepada Cagub Mulyadi atas inisiatifnya sendiri.