UNTUK INDONESIA
Peraturan yang Wajib Diterapkan di Pasar Tradisional
Dokter umum Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Ameliawati Azizah ingatkan masyarakat mematuhi peraturan di pasar tradisional selama new normal.
Ilustrasi Pasar Tradisional. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Jakarta - Dokter umum Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Ameliawati Azizah menyampaikan selama new normal masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan saat hendak bepergian, termasuk di pasar tradisional. Salah satu caranya dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

"Walaupun di era covid-19 ini kita harus tetap membeli kebutuhan sehari-hari, mau tidak mau kita pasti akan berkunjung ke pasar tradisional. Ada beberapa protokol kesehatan yang sekarang harus ditaati jika berkunjung ke pasar tradisional. Pertama, jam operasional sudah dibatasi yaitu dari jam 06.00 hingga 14.00," kata dokter Ameliawati Azizah dalam laman resmi Instagram RS Islam Jakarta Pondok Kopi, beberapa waktu lalu. 

Prosedur kedua, yaitu pasar tradisional ada pengecekan suhu tubuh. Jadi bila ada masyarakat yang memiliki suhu tubuh di atas normal, tidak diizinkan untuk masuk. "Lalu untuk pengunjung yang lanjut usia (lansia) yaitu lebih dari 60 tahun, balita dan juga ibu hamil tidak diperbolehkan untuk masuk karena imunitasnya lebih rendah," ucap Ameliawati.

Tapi inget ya, selama memakai face shield harus tetap memakai masker.

Dokter Ameliawati juga mengingatkan masyarakat untuk selalu memakai masker saat keluar rumah. Sebab, ini menjadi salah satu aturan yang harus diterapkan guna meminimalisir risiko penyebaran virus Corona atau Covid-19. 

"Kita juga tetap harus memakai masker. Selain itu,  juga bisa ditambah dengan face shield. Tapi inget ya, selama memakai face shield harus tetap memakai masker," ujar dia. 

Selanjutnya, masyarakat juga harus menerapkan physical distancing yaitu menghindari kerumunan dan menjaga jarak lebih dari satu meter. Di dalam pasar tradisional juga sudah disediakan fasilitas untuk mencuci tangan. 

"Jadi kita harus rutin mencuci tangan dalam pasar tradisional. Cuci tangannya menggunakan sabun bersih dan juga air yang mengalir. Jika di dalam pasar tradisional ada orang yang sakit dan memiliki gejala seperti Covid-19 yaitu batuk, pilek, demam, bersin ataupun merasa sesak, kita harus lapor ke petugas yang berwajib," tuturnya.

Dia menambahkan khusus kios-kios non pangan yang ada di pasar tradisional telah diberlakukan prosedur ganjil-genap. "Selain non pangan, yaitu kios-kios yang menjual bahan-bahan makanan akan tetap buka mengikuti protokol yang berlaku," kata dokter Ameliawati. []

Baca juga:

Berita terkait
Aturan Restoran Hotel Berbintang di Era New Normal
Hotel Sari Pacific Jakarta kembali membuka restoran-restorannya di era new normal dengan peningkatan dan penerapan protokol kesehatan dan keamanan.
11 Prosedur Naik Transjakarta Selama New Normal
PT Transjakarta selama masa new normal dan PSBB transisi telah menyiapkan berbagai prosedur dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat.
Peraturan Masuk Kawasan Ancol Selama New Normal
Taman Impian Jaya Ancol Jakarta kembali dibuka pada Sabtu, 20 Juni 2020. Ini peraturan memasuki kawasan Ancol yang harus diperhatikan pengunjung.
0
Peraturan yang Wajib Diterapkan di Pasar Tradisional
Dokter umum Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Ameliawati Azizah ingatkan masyarakat mematuhi peraturan di pasar tradisional selama new normal.