UNTUK INDONESIA
Perahu Ditemukan, Nelayan di Maluku Hilang Misterius
Seorang nelayan hilang saat melaut di perairan Desa Wailihang, Kabupaten Buru, Maluku.
Team Rescue Pos SAR Namlea dibantu warga melakukan di perairan seorang nelayang yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan Desa Wailihang, Kabupaten Buru, Maluku.(Foto: Tagar/Muhammad Jaya)

Ambon - Seorang nelayan bernama Rate Buton, 60 tahun, dilaporkan hilang saat melaut di perairan Desa Wailihang, Kabupaten Buru, Maluku. Anehnya, perahu sudah ditemukan, namun Rate hilang misterius, perahu ditemukan berjarak 3 Nautical Mile (NM) dari pesisir pantai desa tersebut, Rabu, 18 Maret 2020 pukul 18.00 WIT.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, setelah menerima laporan hilangnya Rate Buton oleh Sahril Salasiwa, tokoh masyarakat Desa Wailihang pukul 23.00 WIT, Team Rescue Pos SAR Namlea kemudian dikerahkan menuju desa itu.

Semoga hari ini, nelayan yang hilang ditemukan.

"Saya langsung merespon laporan yang disampaikan Sahril, dengan mengerahkan Team Rescue Pos SAR Namlea," kata Muslimin kepada Tagar, Kamis 19 Maret 2020.

Kata Muslimin, dari informasi yang diterima perahu milik nelayan itu sudah ditemukan berjarak 3 NM dari pesisir pantai Desa Wailihang. Namun, tanpa pemilik perahu pada titik tikoordinat 3° 3' 35.71" S-126° 44' 2.60" E.

Semalam Tim SAR Rescue Pos SAR Namlea sudah di desa itu dengan membawa petalatan satu unit Rubber Boat beserta alat pendukung lainnya.

"Pagi ini, Kamis 18 Maret 2020, sudah memulai pencarian operasi SAR hari pertama pukul 07.00 WIT," jelasnya.

Muslimin mengatakan, pencarian hari ini masih tetap difoksukan pada titik koordinat yang dilaporka hilang itu. Kemungkinan pencarian bisa diperluas nantinya, tergantung hasil pencarian nanti.

Dalam pencarian ini, juga dibantu masyarakat setempat yang menggunakan longboat.

"Cuaca dalam pencarian, akan terjadi hujan lokal disertai angin timur laut-tenggara, 4-15 knots dan gelombang 0.0-0.5 meter. Semoga hari ini, nelayan yang hilang ditemukan," jelasnya. []

Berita terkait
Hendak Cari Ikan, Bocah Maluku Tenggelam di Kolam
Hendak cari ikan, seorang bocah bernama Subahan Usemahu, di Maluku tewas tenggelam di kolam tinja.
Pesawat Dikerahkan Cari ABK Hilang di Laut Maluku
Pesawat dikerahkan ikut mencari Ari Wibowo, ABK yang hilang di laut Maluku.
Bocah di Pulau Seram Maluku Tewas Terseret Banjir
Seorang bocah perempuan bernama Dwi Kelilauw, 5 tahun, meninggal dunia usai terserat arus banjir saat bermain dengan teman sebayanya.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).