UNTUK INDONESIA
Penyuap Saiful Illah Segera Disidangkan di Surabaya
KPK telah melimpahkan berkas perkara dua penyuap Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah, Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi ke Jaksa Penuntut Umum.
KPK kembali memeriksa Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Tersangka kasus suap pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR itu bungkam usai diperiksa di gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Januari 2020. (Foto: Tagar/Yaqin)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara dua penyuap Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah, Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dua orang tersangka tersebut akan segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

"Hari ini juga penyidik KPK telah melimpahkan tersangka dan barang bukti pada JPU karena berkas sudah lengkap atau P21. Pertama untuk perkara dugaan suap pengadaan suap infrastruktur di Sidoarjo," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, 5  Maret 2020.

Dalam waktu 20 hari kerja tentunya PU (Penuntut Umum) KPK melimpahkan perkara ini ke PN Tipikor di Surabaya.

Menurut Ali kedua orang itu merupakan pemberi suap kepada Saiful Ilah dalam proyek pembangunan infrastruktur di Sidoarjo Jawa Timur. Saat ini juga, KPK melakukan penahanan selama 20 hari ke depan.

"Ibnu Ghofur dan Totok Sumedi sebagai pemberi suap kepada Bupati Sidoarjo Saiful Illah dan hari ini dilakukan penahanan selama 20 hari sejak 5 hingga 24 maret 2020. Nanti dalam waktu 20 hari kerja tentunya PU (Penuntut Umum) KPK melimpahkan perkara ini ke PN Tipikor di Surabaya," ujarnya.

Sebelumnya, Saiful Illah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada awal bulan Januari 2020. Saiful ditetapkan sebagai tersangka keesokan harinya atas penerimaan suap dalam proyek infrastruktur.

Saiful tidak sendirian, KPK juga menetapkan tersangka lainnya sebagai penerima yaitu Kadis PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Sunarti Setyaningsih, PPK di Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Judi Tetrahastoto, dan Kabag ULP Sanadjihitu Sangadji. 

Sementara itu, Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi didakwa sebagai pemberi suap untuk memenangkan beberapa proyek antara lain proyek wisma atlet, Pasar Porong, Jalan Candi-Prasung dan peningkatan Afv Karag Pusang Desa Pagerwojo. []

Berita terkait
Bupati Sidoarjo Bungkam Usai Pemeriksaan KPK
Tersangka kasus suap pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kab Sidoarjo Bupati Saiful Ilah bungkam usai diperiksa KPK.
Nur Ahmad Syaifuddin Resmi Jabat Plt Bupati Sidoarjo
Nur Ahmad Syaifudin resmi menjabat menggantikan saiful Ilah sebagai Plt Bupati Sidoarjo setelah menerima surat tugas dari Gubernur Jatim.
Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK, PKB Siapkan Caretaker
Caretaker segera dibentuk PKB Jawa Timur menyusul ditangkapnya Ketua PKB Sidoarjo, Saiul Ilah yang juga Bupati Sidoarjo.
0
Gara-Gara Han So Hee, Kata Pelakor Go International
Kata Pelakor tembus ke dunia internasional setelah komentar bernada negatif dari netizen Indonesia kepada aktris drama Korea Selatan Han So Hee.