UNTUK INDONESIA
Pembangunan Tanggul di Aceh Barat Sempat Ditunda
Pembangunan tanggul pemecah ombak di pantai Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh terhenti akibat cuaca buruk.
Asisten II, tim dari Balai Wilayah Sungai I Kementerian PUPR, PPK Sungai dan Pantai Satker SNVT, Plt Kabiro Adm Pembangunan Provinsi Aceh, Kadis PUPR, pengawas dan P2K mengecek pembangunan tanggul laut di Aceh Barat, Kamis, 23 Juli 2020. (Foto: Tagar/Vinda Eka Saputra)

Aceh Barat – Pembangunan tanggul pemecah ombak sepanjang 210 meter di sepanjang bibir pantai Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, sempat terhenti akibat terkendala cuaca buruk yang melanda sebagian besar wilayah pantai Aceh Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Barat, Kurdi mengatakan, pembuatan tanggul pemecah ombak di dua desa ini sudah dilakukan sejak bulan April, namun baru bisa dikerjakan pada bulan Mei, sedangkan pada bulan Juni yang lalu terjadi banjir Rob yang cukup parah menimpa dua desa tersebut mengakibatkan pekerjaan harus dihentikan sementara waktu.

Kalau pagi hari itu biasanya cuaca berubah-ubah morfologi pantainya sehigga terjadi pasang dan gelombang tinggi.

“Kemudian mulai dikerjakan lagi pada bulan Juli, tapi karena kondisi cuaca yang berubah-ubah dan tingginya gelombang pasang mengakibatkan pekerjaan harus di hentikan terlebih dahulu sampai cuaca dan gelombang pasang mulai stabil kembali,” kata Kurdi, kamis, 23 Juli 2020.

Buruknya cuaca dan tingginya gelombang mengakibatkan kendaraan pengangkut material tanggul terhenti karena tidak bisanya melakukan proses pembongkaran muatan.

“Kalau pagi hari itu biasanya cuaca berubah-ubah morfologi pantainya sehigga terjadi pasang dan gelombang tinggi,” katanya.

Rencana pembangunan tanggul pemecah ombak di pesisir pantai Desa Pasir dan Desa Suak Indrapuri ini akan dibangun sepanjang 210 meter dengan tinggi sekitar tiga meter di tahap pertama dengan total panjang keseluruhan mencapai 1,6 kilometer.

“Untuk target selesainya pembangunan tanggul yaitu insyaallah kalau sesuai dengan jadwal dan tanpa ada kendala akan selesai pada bulan Oktober,” katanya.

Ia berharap agar nantinya tanggul pemecah ombak sepanjang 1,6 kilometer ini dapat melindungi Desa Pasir dan Desa Suak Indrapuri dari bencana banjir Rob yang setiap tahunnya menimpa desa tersebut. []

Berita terkait
4 Warga Abyda Aceh Positif Corona, 1 Meninggal Dunia
Seorang warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh berinisial Mar meninggal dunia akibat terpapar virus corona.
Kunker Luar Kota, Kantor Dewan Aceh Tamiang Kosong
Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang melakukan kunjungan kerja ke luar kota, Akibatnya kantor dewan tampak sepi.
Pembobolan ATM Kembali Terjadi di Aceh
Satu mesin ATM milik Bank Aceh di Lhokseumawe, Aceh dibobol orang tidak dikenal.
0
Pembangunan Tanggul di Aceh Barat Sempat Ditunda
Pembangunan tanggul pemecah ombak di pantai Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh terhenti akibat cuaca buruk.