UNTUK INDONESIA
Penyebab Penderita DBD di Tegal Meningkat
RS Mitra Siaga Tegal mencatat ada enam pasien yang dirawat karena menderita DBD.
Dokter RS Mitra Siaga Tegal memeriksa kondisi pasien DBD, Jumat 14 Februari 2020. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mulai merebak. Jumlah penderitanya yang dirawat di rumah sakit, termasuk Rumah Sakit (RS) Mitra Siaga. Peningkatan jumlah pasien DBD di rumah sakit yang berlokasi di Dampyak, Kecamatan Kramat itu terjadi sejak Januari 2020.

"Januari ada enam pasien yang dirawat, Februari sampai hari ini ada 20 pasien yang dirawat. Jadi memang kecenderungannya ada peningkatan," ungkap Humas RS Mitra Siaga Sofyan Bahtiar, Jumat 14 Januari 2020.

Rata-rata usianya di bawah 15 tahun.

Pasien tersebut menurut Sofyan, rata-rata adalah anak-anak berasal dari Kecamatan Kramat, Tarub, dan Dukuhturi.

"Rata-rata usianya di bawah 15 tahun," ucapnya.

Sofyan menyatakan kesiapan rumah sakit mengantisipasi peningkatan jumlah pasien demam berdarah yang biasanya terjadi saat musim pancaroba atau musim hujan.

"Mudah-mudahan tidak sampai terjadi KLB (kejadian luar biasa), tapi kami sudah siap mengantisipasi peningkatan jumlah pasien. Saat ini ada 30 kasur untuk anak-anak. Kalau diperlukan bisa ditambah," jelasnya.

Salah satu orang tua pasien, Indayanti, 41 tahun, menuturkan, ‎anaknya, Arasifat sudah dirawat selama empat hari karena demam berdarah.

"Sebelumnya demam tinggi, terus saya bawa ke puskesmas dan lab (laboratorium). Dicek darahnya trombositnya turun, jadi disuruh dirawat," ujar warga Desa Kesadikan, Kecamatan Tarub ini.

Menurut Indayanti, sejumlah tetangganya yang tinggal di RT yang sama juga ada yang dirawat di rumah sakit karena terjangkit demam berdarah. 

"Di satu RT dengan saya ada dua, di RT yang berbeda juga ada," ucapnya.

Dokter umum RS Mitra Siaga Rahmatullah mengatakan, seluruh pasien demam berdarah yang dirawat dalam penanangan yang baik. Dia memastikan tidak ada pasien yang meninggal dunia.

"Pasien yang dirawat mengalami gejala khas demam berdarah‎, seperti demam tinggi tidak turun-turun, lemah, dan bintik-bintik di kulit," ujarnya. []

Berita terkait
Narapidana Lapas Tegal Bisa Pesan Sabu dari Jakarta
Narapidana narkoba di Lapas Tegal ternyata mampu pesan sabu dari Jakarta. Sabu dikirim lewat paket barang yang diantar petugas ekspedisi.
Kronologi Bocah SD Tegal Tewas Tenggelam di Sungai
Seorang bocah SD ditemukan tewas tenggelam di Sungai Pedes, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Bagaimana awal mulanya?
Kronologi Penangkapan Begal Payudara Sadis Tegal
Ihwal penangkapan begal payudara di Tegal diungkap polisi. Seperti apa upaya polisi mengungkap kasus itu?
0
Rapid Test Tiga Warga Bener Meriah Aceh Reaktif
Tiga warga yang reaktif berdasarkan Rapid Test adalah dua orang merupakan santri dan satu warga habis perjalanan dari Medan.