Penyebab Munculnya Jerawat di Setiap Bagian Wajah

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah informasi mengenai penyebab munculnya jerawat serta tips menguranginya.
Ilustrasi kerusakan pada kulit wajah. (Foto: Frepik)

Jakarta - Munculnya bintik–bintik pada wajah disebabkan oleh sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit. Bila dibiarkan, bintik ini dapat menyebabkan iritasi. Selain itu munculnya jerawat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih dan adanya sumbatan.

Bintik dan jerawat di wajah bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi memunculkan kekhawatiran terhadap kesehatan kulit wajah. Namun, jika anda belum mengetahui penyebabab munculnya jerawat tersebut.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah informasi mengenai penyebab munculnya jerawat serta tips menguranginya:

Kerusakan KulitIlustrasi kerusakan pada kulit wajah. (Foto: Frepik)

1. Bintik atau Jerawat di Dahi

Menggunakan poni atau tanpa poni, bisa menyebabkan jerawat, pasalnya poni dapat membawa kotoran menempel di dahi.

Munculnya bintik atau jerawat juga dapat mengindikasikan konsumsi yang berlebihan terhadap daging merah, lemak jenuh, dan alcohol.

Jadi sebaiknya kurangi kelompok makanan ini dan minuman beralkohol. Coba lakukan sedikit detoksifikasi, minum air putih yang teratur, dan konsumsi sayuran segar.

2. Bintik atau Jerawat di Pipi

Pipi bisa menjadi salah satu area yang paling sering timbul masalah jerawat pada wajah dan sulit untuk disembunyikan dengan memakai makeup.

Masalah ini muncul disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi gula, produk susu, dan daging. Karena apa yang kita makan dapat berpengaruh kepada kondisi kulit, oleh sebab itu kurangi makanan diatas dan lihat beberapa minggu kemudian apakah kulit membaik.

3. Bintik atau Jerawat Pada Garis Rahang (jawline)

Bintik dan jerawat pada bagian rahang memang tak terlalu terlihat seperti di area lain, tetapi tetap saja hal ini membuat kurangnya rasa percaya diri.

Permasalahan kulit ini bisa terjadi terkait dengan diet yang dilakukan atau bisa juga menunjukkan adanya kemacetan di usus besar, yang sering kali disebabkan oleh makanan yang banyak diproses.

JerawatIlustrasi kerusakan pada kulit wajah. (Foto: Frepik)

4. Bintik atau Jerawat pada Dagu

Seringkali dagu menjadi tempat berkumpulnya jerawat. Hal tersebut bisa terjadi karena perubahan hormone atau yang disebut jerawat hormonal.

Jerawat hormonal merupakan salah satu problem kulit karena perubahan hormon terjadi selama masa pubertas, menstruasi, dan menopause. Akan tetapi, orang dewasa di segala usia juga bisa terkena jerawat hormonal ini.

Cara menghilangkan jerawat karena hormone dapat dilakukan dengan mencuci wajah minimal dua kali sehari, hindari penggunaan scrub yang kasar, dan hindari memakai makeup berat. Penggunaan obat jerawat karena hormon disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Kemudian disarankan mengindari memencet atau menekan jerawat menggunakan jari, karena pada jari terdapat sejumlah kotoran dan bakteri. Gunakan produk obat yang sesuai dengan masalah kulit. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Tips Kulit Lebih Bercahaya dengan Tren Kecantikan K-Beauty
Berikut ini tren kecantikan asal Negeri Ginseng yang menjadikan kulit tampak bercahaya yang dilansir dari Vogue.
5 Tips agar Makeup Awet Meski Memakai Masker Cegah Covid-19
Berikut ada beberapa tips untuk menjaga riasan di situasi ini yang Tagar rangkum dari laman Topshop.
Prediksi Lima Tren Makeup di Tahun 2021
Berikut Tagar rangkumkan lima gaya tata rias atau makeup yang diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2021 mendatang.
0
Pancasila, Nilai Luhur Bangsa Penuntun di Kegelapan
Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap.