Jakarta - Pada dasarnya menjalakan sebuah bisnis bukanlah hal yang cukup mudah. Ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangkan sebelum mengambil langkah berbisnis. Salah satu faktor penting dalam mengelola bisnis adalah kita harus menentukan target pasar terlebih dahulu.
Salah-salah langkah malah bisa membuat bisnis jalan di tempat atau malah tidak bisa berjalan sama sekali. Tentunya kita tidak mau hal itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, penting bagi para calon pebisnis buat meriset dan menemukan target pasar mereka.
Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan suatu bisnis atau perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Ilmu bisnis biasanya mengelompokkan target pasar berdasarkan rentang umur, sifat, atau karakter dan kebiasaan yang hampir sama.
Menentukan target pasar merupakan sebuah upaya mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi tertentu. Melalui segmentasi ini, kita dapat memperoleh sekaligus mengolah data, serta menentukan segmen manakah yang paling cocok dengan karakteristik bisnis yang kita bangun.
Dengan kata lain, para calon pengusaha harus mengetahui istilah yang merupakan istilah fundamental dalam dunia usaha ini. Target pasar adalah sekumpulan konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk buatan mereka. Dengan menentukan target pasar, kamu dapat membagi selera konsumen ke dalam sifat dan ciri-ciri masing-masing.
Sebelum menentukan target konsumennya, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses memecah kelompok heterogen dari calon konsumen menjadi kelompok homogen atau lebih kecil.
Calon pebisnis harus melakukan segmentasi sebelum menentukan target konsumennya.Contoh pada pengusaha di bidang mode wanita, maka contoh target pasar yang bisa diterapkan sebagai berikut:
- Produk yang dijual: Mode wanita yang dijual via online.
- Target lokasi: Kota-kota besar di Indonesia.
- Target demografi: Wanita dengan rentang usia 20-40 tahun.
- Karakter psikologis: Terbiasa dengan internet dan media sosial, serta mengikuti perkembangan tren mode terkini.
Maka sebelum memulai bisnis, penentuan target pasar memang penting dilakukan untuk mengetahui target sasaran konsumen yang perusahaan incar. Selain itu, kamu juga harus pintar mengelola keuangan jika ingin bisnis kita terus maju dan berkembang.Sangat penting untuk menentukan target pasar sebelum kita memulai bisnis.[]
(Fiona Renatami)
Baca Juga:
- 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasarkan Bisnis di Media Sosial
- Inilah 5 Ide Bisnis yang Belum Banyak Saingan
- 4 Cara Membuat Web Untuk Perkembangan Bisnis
- PLN Peduli, Dorong Kemampuan Bisnis dan Keterampilan Digital