Masih Bingung? Ini Ide Bisnis Tahun 2022 di Bidang Pendidikan

Bisnis yang mesti Anda rintis harus spesifik menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan alat-alat penunjang belajar.
Ilustrasi - Ide Bisnis Tahun 2022 di Bidang Pendidikan. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta- Seiring dibukanya sekolah pada awal tahun 2022, perkembangan kebutuhan sekolah yang semakin hari semakin kompleks meski disadari jadi salah satu peluang ide bisnis dalam bidang pendidikan. 

Untuk itu, bisnis yang mesti Anda rintis harus spesifik menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan alat-alat penunjang belajar seperti alat tulis, hingga jasa penunjang belajar seperti les privat dan lainnya.


1. Penyedia Seragam Sekolah

Pandemi Covid-19 semakin mereda dan metode pembelajaran tatap muka secara bertahap sudah dilakukan di sekolah-sekolah. Siswa sekolah yang tadinya hanya melakukan metode pembelajaran jarak jauh, sedikit demi sedikit sudah kembali ke kelas.

Di sinilah peluang bisnis untuk memasarkan seragam sekolah kembali terbuka. Ketika pandemi  berlangsung dan dilakukan pembelajaran jarak jauh secara online, kebutuhan seragam sekolah tentu tidak besar. 


2. Penyedia Alat Tulis

Kebutuhan ini tidak bisa dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Karena itu memanfaatkan peluang anak sekolah maupun mahasiswa yang membutuhkan alat tulis dengan membuka bisnis alat tulis atau stationery bisa menjadi potensi bisnis menguntungkan di tahun 2022 nanti.

Pelanggannya tidak hanya tertarget pada siswa saja, melainkan lembaga sekolah, hingga pekerja kantoran yang butuh alat tulis untuk melakukan pekerjaannya. 


3. Penyedia Buku Pelajaran

Peluang bisnis ini bisa dibarengi sambal Anda membuka toko alat tulis. Namun, ketika Anda fokus untuk membuka bisnis sebagai penyedia buku saja, maka Anda pun bisa lebih variatif dalam ketersediaan produk bukunya. Mulai dari variasi judul buku, target siswa, hingga penerbit.

Potensinya cukup besar, sebab dalam satu mata pelajaran, seorang siswa bisa dimungkinkan memiliki lebih dari satu jenis buku yang digunakan. Karena itulah menjalankan bisnis buku bisa mendapatkan keuntungan besar dan potensial.


4. Bimbingan Belajar

Mengiringi pembelajaran tatap muka yang secara bertahap sudah dilakukan, kebutuhan lain bagi siswa sekolah dalam mendukung pembelajarannya adalah masuk bimbingan belajar (bimbel) atau kursus. 

Sebab bimbel dipercaya bisa membantu dan mendukung pelajar untuk lebih memahami materi pembelajaran yang sudah diterima di sekolah. []

Berita terkait
Banyak Cara, Ini 5 Bisnis Jasa yang Bisa Jadi Ladang Uang!
Jika kamu ingin melakukan bisnis dalam bidang jasa, berikut 5 rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasannya berikut ini.
Keuntungan Berlimpah! 4 Cara Sukses Membangun Bisnis Skincare
Penting untuk merencanakan bisnis skincare yang baik sejak awal, mengingat ada banyak produk yang perlu disediakan di pasar. Simak cara berikut.
6 Cara Menarik Perhatian Pengunjung dalam Berbisnis di Instagram
Banyknya pengguna Instagram mempermudah Anda mendapatkan pengikut organik sehingga Anda lebih mudah memperkenalkan bisnis Anda.
0
Masih Bingung? Ini Ide Bisnis Tahun 2022 di Bidang Pendidikan
Bisnis yang mesti Anda rintis harus spesifik menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan alat-alat penunjang belajar.