UNTUK INDONESIA
Wishnutama Tak Dicopot, Jokowi Terlena Konsep Motor Terbang
Menparekraf Wishnutama masih menikmati jabatannya sebagai menteri, lantaran Presiden Jokowi masih terlena konsep motor terbang Asian Games 2018.
Tangkapan layar video aksi Jokowi mengendarai sepeda motor saat pembukaan Asian Games 2018. (Foto: Tagar/YouTube 18th AsianGames 2018)

Jakarta - Menparekraf Wishnutama masih menikmati jabatannya sebagai menteri, lantaran Presiden Jokowi masih terlena konsep motor terbang saat pembukaan Asian Games 2018 silam. Padahal dari sisi kinerja, pendiri NET TV itu jauh dari harapan. Sektor kepariwisataan Indonesia kian terpuruk di tengah pandemi.

Hal itu disampaikan Ujang Komarudin, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam perbincangan bersama kanal Youtube Tagar TV, Ujang menyebut Wishnutama tidak akan tersentuh reshuffle kabinet karena jasanya sebagai tim sukses Jokowi-Ma'ruf.

"Konsep terbang naik motor pakai helm, itu disenangi Jokowi. Kesuksesan Asian Games menjadikannya diangkat jadi menteri selain pernah pula jadi tim sukses. Tapi dilihat kinerja hari ini, tidak ada bagus-bagusnya. Pariwisata hancur-hancuran," sebut Ujang.

Dia kabarnya pernah telepon media TV agar tidak terlalu kencang menyorot dirinya.

Menurut mantan staf ahli ketua DPR itu, kinerja menteri bisa diukur dari segi politis, maupun dari sisi profesionalitas. Penilaian aspek politik akan berbahaya karena cenderung subjektif. Demikian sebaliknya, secara objektif masyarakat bisa menilai mana pejabat yang berkinerja baik dan berkualitas.

"Kalau sifatnya politis, maka Jokowi akan adem ayem saja, dibiarkan saja. Menteri itu tidak akan pernah di-reshuffle. Maka harusnya penilaian kinerja yang diutamakan. Ketika nilainya jelek harus diperbaiki," tegas dia.

Ditambahkan Ujang, ketika seseorang diamanahi jadi menteri, maka rakyat akan menunggu gebrakannya. Ujang sempat tertawa saat ditanyai pandangannya tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dibawah komando Wishnutama.

Baca juga: Jokowi Guyur Influencer Rp 72 M, Wishnutama Jelaskan

"Dia tidak banyak bekerja, tidak kelihatan. Sudah banyak pula dikritik media massa. Dia kabarnya pernah telepon media TV agar tidak terlalu kencang menyorot dirinya," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu sedikit tertawa.

Salah satu keteledoran Wishnu menurut Ujang adalah kebijakan kontroversial menyewa influencer dengan anggaran berlipat di tengah pandemi virus corona. 

Diberitakan Tagar sebelumnya, pemerintah mengguyur influencer Rp 72 miliar demi pariwisata sebagaimana diumumkan Selasa, 15 Februari 2020. Selain dana untuk influencer, juga dikucurkan anggaran Rp 103 miliar untuk promosi, dan kegiatan pariwisata sebesar Rp 25 miliar

"Menyewa influencer untuk menutupi kekurangan, sangat lucu," sindir Ujang.

Jika memang Jokowi akan mereshufle kabinet, dia berharap agar menteri-menteri selanjutnya benar-benar dari kalangan yang bisa mempertanggungjawabkan jabatan.

"Carilah yang ahli di bidangnya, berintegritas, bertanggung jawab pada bangsa dan negara, tidak hanya memikirkan diri sendiri," katanya.

Baca juga: Kinerja Menparekraf Wishnutama Dinilai Belum Optimal

Ditanyakan siapa pejabat Kabinet Indonesia Maju yang patut diganti dan siapa yang layak menjadi pengganti, Ujang enggan menyebut nama. Baginya, kalau memang para menteri ini dinilai secara kinerja, seharusnya sudah banyak yang diganti. Namun, sisi politis bisa mengaburkan banyak hal. 

"Mari kita sama-sama membangun bangsa ini. Mari kritisi kinerja buruk mereka, dan mari kita dukung jika kinerjanya baik," tuturnya.[] 

Berita terkait
Data Terkini 231 Tim Medis Indonesia Wafat Akibat Pandemi
Data terkini mencatat 231 tim medis Indonesia wafat di tengah pandemi virus corona. Mereka terdiri dari 130 dokter, 9 dokter gigi dan 92 perawat
Cerita Mike Tyson Masuk Islam kepada Susi Pudjiastuti
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan petinju legendaris Mike Tyson berbincang seputar gaya hidup, keislaman dan Indonesia.
Jadwal Tanding dan Pembagian Grup Liga Champions 2020/2021
Jadwal tanding dan hasil drawing Liga Champions musim 2020/2021 menakdirkan Juventus vs Barcelona, Bayern vs Atletico, PSG vs Manchester United.
0
Bertambah 90, Kasus Covid-19 di Aceh Tembus 7 Ribu Orang
Terhitung sejak 27 Maret 2020 hingga saat ini jumlah kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 7.037 orang.