UNTUK INDONESIA

Pengunjung Wanita Tepergok Selundupkan Sabu ke LP Semarang

Pengunjung wanita tepergok saat berupaya menyelundupkan sabu ke dalam Lapas Semarang. Sabu dimasukkan di dalam makanan popcorn.
Petugas Lapas Semarang mengamankan wanita pengunjung yang berupaya menyelundupkan sabu ke dalam penjara. Modusnya, sabu dimaksukkan dalam kemasan popcorn. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Seorang pengunjung wanita berupaya memasukkan narkotika jenis sabu ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) atau Lapas Kelas I Semarang, Senin, 18 Januari 2021. Upaya penyelundupan sabu berhasil digagalkan petugas layanan kunjungan lapas. 

Kepala Lapas Semarang Dadi Mulyadi mengungkapkan kronologi penggagalan penyelundupan sabu tersebut. Bermula dari kedatangan pengunjung wanita bermasker sekitar pukul 10.45 WIB ke kompleks penjara yang berlokasi di Kedungpane, Kecamatan Ngaliyan. 

Wanita berinisial RRD tersebut bermaksud mengirim makanan kepada rekannya di dalam penjara, warga binaan berinisial YW. Standar pelayanan pemeriksaan pun dilaksanakan petugas lapas. 

Identitas hingga maksud dan tujuan kedatangan diminta dibeber di formulir kunjungan. Termasuk pemeriksaan terhadap barang bawaan yang akan dimasukkan ke sel tahanan warga binaan. 

Modus dari wanita tersebut, yaitu dengan menyimpan dalam bungkusan makanan popcorn.

Dan saat pemeriksaan makanan jenis popcorn itu lah, petugas lapas mendapati sabu sebanyak tujuh paket yang dikemas dalam klip plastik putih. “Modus dari wanita tersebut, yaitu dengan menyimpan dalam bungkusan makanan popcorn,” kata Dadi.

Petugas lapas selanjutnya mengamankan RRD. Dari pengakuannya, ia merupakan teman dekat dari YW. Barang bukti berupa tujuh paket sabu, handphone, beserta simcard juga langsug disita.

Lapas Semarang kemudian berkoordinasi dengan petugas Polsek Ngaliyan guna dilakukan pengembangan kasus lebih lanjut. Sekitar pukul 12.00 WIB, Petugas Polsek Ngaliyan datang untuk menerima serah terima pelaku penyelundupan sabu beserta barang bukti.

“Bungkusan makanan berisi tujuh paket narkoba jenis sabu-sabu yang dimasukkan dalam klip plastik warna putih berisikan kurang lebih 30 gram," tuturnya. 

Baca lainnya: 

Dalam kesempatan itu, Dadi sangat mengapresiasi upaya penggagalan penyelundupan narkoba ke dalam lapas oleh petugasnya. Kinerja petugasnya merupakan wujud komitmen bersama untuk memerangi narkoba.

“Barang bukti penyelundupan narkoba tersebut sudah kami serahkan ke Polsek Ngaliyan untuk diproses lebih lanjut lagi,” imbuh dia. []

Berita terkait
Kurir 2 Kg Sabu asal Aceh Dikirim ke Kamar Mayat di Medan
Seorang pria asal Aceh, yang diduga membawa narkoba jenis sabu seberat 2 kilogram, tewas ditembak polisi di Medan, Sumut.
6 Bulan, Warga Lapas Tanjung Gusta Medan Edarkan Sabu 205 Kg
Bareskrim Polri berhasil membongkar peredaran 50 Kg sabu yang dikendalikan warga Lapas Medan. Dalam 6 Bulan, ia sudah edarkan 205 Kg sabu.
Sabu dan Tembakau Gorila Dilempar ke Lapas Tegal
Penyelundupan sabu dan tembakau gorila di Lapas Tegal berhasil digagalkan petugas. Narkotika itu dilempar dari luar pagar lapas.
0
Pengunjung Wanita Tepergok Selundupkan Sabu ke LP Semarang
Pengunjung wanita tepergok saat berupaya menyelundupkan sabu ke dalam Lapas Semarang. Sabu dimasukkan di dalam makanan popcorn.