Pengidap Asma Berisiko Mengalami Gejala Flu Lebih Buruk

Orang dengan asma cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.
Ilustrasi penyakit asma. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Asma dan flu (influenza) adalah dua kondisi saluran pernafasan bermasalah dan biasa dialami orang-orang di seluruh dunia. Flu disebabkan karena virus influenza dan merupakan penyakit yang sangat mudah menular, sedangkan asma adalah penyakit radang saluran pernapasan kronis yang tidak dapat ditularkan yang terutama disebabkan oleh alergi (debu, bulu dan serbuk sari) dan non-alergi (asap rokok dan infeksi virus).

Dilansir dari Boldsky, Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita asma cenderung mengalami gejala yang lebih buruk ketika mereka terpapar virus influenza karena perbedaan sistem kekebalan. Orang dengan asma cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah sementara orang sehat menunjukkan reaksi pemicu kekebalan yang kuat. Dilansir dari Boldsky, inilah penjelasan bagaimana flu dikaitkan dengan penderita asma.

Bagaimana flu dan asma berhubungan?

Sistem pernapasan dalam tubuh kita, dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, lebih banyak terpapar ke lingkungan luar karena luas permukaannya yang besar. Karena fungsi paru-paru termasuk di dalam dan di luar udara, organ ini pasti akan terpapar agen infeksius.

Meskipun penghalang struktural dan pertahanan kekebalan melindungi paru-paru dari infeksi dan kerusakan apa pun, paparan agen infeksikus yang lama bisa berbahaya dan dapat berlanjut ke perkembangan asma pada individu yang rentan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), satu dari setiap sebelas anak dan satu dari setiap dua belas orang dewasa menderita asma.

Virus pernapasan yang umum seperti virus influenza terus beredar di lingkungan dan dapat menginfeksi orang dari segala usia, terutama anak-anak. Oleh karena itu, hanya berdasarkan peningkatan kasus asma, maka risiko terpapar virus influenza pada penderita asma menjadi tinggi.

Namun, tidak semua tipe penderita asma menjadi sasaran empuk virus influenza. Hal ini membuat latar belakang imunologi penting untuk mengidentifikasi mengapa penderita asma lebih rentan terhadap influenza dibandingkan orang dewasa yang sehat.

Mengapa flu buruk bagi penderita asma? 

Paru-paru penderita asma sudah terganggu. Karena flu adalah infeksi virus yang menyerang paru-paru, oleh karena itu, flu dapat memperburuk gejala pada penderita asma dan membuat mereka jatuh sakit terlalu cepat.


Sistem kekebalan tubuh pada asma

Keseluruhan mekanisme yang mendasari peningkatan risiko influenza pada penderita asma masih kurang dipahami, tetapi beberapa penelitian memang membicarakan tentang kekurangan kekebalan antivirus pada orang dengan asma.

Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya penggunaan kortikosteroid inhalasi (inhaler) atau kortikosteroid oral. Penderita asma seringkali disarankan untuk tetap menggunakan inhaler, yaitu sejenis obat penurun radang paru-paru (penyebab utama asma). Kortikosteroid ini mencegah komplikasi asma yang parah akibat infeksi influenza, tetapi juga dikenal dapat menekan kekebalan dalam jangka panjang.

Alasan lain adalah penekanan limfosit-T atau sel-sel yang bertanggung jawab untuk membunuh infeksi dengan mengaktifkan sel-sel kekebalan untuk memproduksi sitokin. Sebuah penelitian dilakukan berdasarkan sampel paru-paru dari penderita asma dan sukarelawan sehat. Ditemukan bahwa sampel dari orang sehat menunjukkan reaksi pemicu sistem kekebalan yang kuat terhadap virus flu, dibandingkan dengan reaksi yang jauh lebih lemah pada pasien asma.

Apakah vaksin influenza efektif untuk asma?

Imunisasi tahunan dengan vaksin influenza direkomendasikan oleh badan pengatur kesehatan utama seperti WHO dan CDC. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi influenza dapat mencegah sekitar 59% -78% serangan asma yang menyebabkan lebih sedikit rawat inap atau kunjungan darurat. Juga, pembengkakan asma, penyakit pernafasan lainnya dan penggunaan obat-obatan berkurang.

Penelitian ini memerlukan lebih banyak penelitian karena ada batasan penelitian seperti pasien harus menderita influenza yang dikonfirmasi di laboratorium.

Apa yang harus dilakukan jika Anda menderita asma dan flu? 

Membuat rencana perawatan asma sebelumnya akan membantu Anda menghindari kondisi tersebut secara efektif. Namun, jika Anda menderita asma dan flu, segera hubungi ahli medis dan jangan menunggu hingga kondisinya semakin parah.



Berita terkait
Cara Pertolongan Pertama pada Serangan Asma
Pertolongan pertama bisa membantu mencegah asma semakin memburuk. Berikut cara pertolongan pertama pada saat serangan asma kambuh.
8 Makanan Terbaik untuk Meredakan Flu
Tak hanya meredakan gejala yang muncul, jenis makanan ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan Anda dari sakit flu.
Tujuh Tanda Anda Terkena Penyakit Asma Akut
Asma merupakan penyakit pernapasan kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran udara atau bronkus.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.