UNTUK INDONESIA
Pengerukan Kawasan Perbukitan di Simanindo Samosir
Terjadi aktivitas pengerukan di kawasan perbukitan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.
Sebuah alat berat sedang memuat material galian dari perbukitan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. (Foto: Tagar/Fernando)

Samosir - Sejumlah truk tampak antre menunggu giliran untuk bermuat material yang akan dimasukkan satu alat berat, di kawasan perbukitan Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir pada Rabu, 26 Februari 2020.

Kepala Desa Unjur Jannen Ambarita, menyebut saat ini sedang berlangsung aktivitas penggalian di desanya dengan mengeruk kawasan perbukitan. Desa Unjur dikenal dengan perbukitannya. 

"Benar, sedang beroperasi galian tanah di perbukitan, punya hotel ST dan sudah berlangsung selama kurang lebih seminggu ini," ujar Jannen.

Menurutnya, hotel ST milik seorang anggota DPRD Samosir berinisial RS. Jannen mengaku, sejauh ini dia tak pernah merekomendasi izin penggalian di kawasan tersebut. 

"Katanya untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar umum di sekitar itu," ungkapnya.

Kita akan segera turun melakukan pengecekan ke sana

Sementara itu, terkait aktivitas galian C di Desa Unjur, Kepala Bidang Dinas Perizinan dan Pelayanaan Kabupaten Samosir Pilipe Simarmata, mengaku belum mendapatkan permohonan perizinan untuk kegiatan galian C di Desa Unjur.

"Izinnya belum ada kita keluarkan di sana dan permohonannya pun belum pernah masuk kepada kita," ujar Pilipe.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Samosir Bernad Simbolon, menyatakan hal serupa. Pihaknya tidak mengetahui adanya aktivitas galian di sana.

"Kita akan segera turun melakukan pengecekan ke sana dan segera melakukan penertiban bila memang belum ada izinnya," kata Bernad.

Diketahui, perizinan untuk galian C dikeluarkan oleh Dinas ESDM provinsi dengan terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perizinan kabupaten kota.[]

Berita terkait
Seorang Petani di Samosir Babak Belur Dikeroyok
Seorang petani di Kabupaten Samosir, dikeroyok hingga mengalami luka. Datang ke warung wartawan bertanya bagaimana cara mengadu ke polisi.
Kasus Hutan Tele, Mantan Bupati Samosir Diperiksa
Mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengalihan status kawasan hutan Tele.
PDIP Usung Petahana di Humbahas dan Samosir
Dosmar Banjarnahor diusung PDIP sebagai bakal calon Bupati Humbahas pada Pilkada 2020. Di Samosir, nama Rapidin Simbolon kembali disebut.
0
Kisah Didi Kempot Buatkan Boneka untuk Ahok
Sobat ambyar tengah dirundung duka karena penyanyi campur sari Didi Kempot tutup usia Selasa pagi, 5 Mei 2020, tak terkecuali Ahok.