Pengamat: Ganjar Pranowo Jagoan Megawati di Pilpres 2024

Berdasarkan pengalaman empirik, Megawati cenderung mempertimbangkan aspirasi akar rumput PDIP dan masyarakat.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Tagar/Dok PDIP)

Jakarta - Sejumlah pengurus daerah Partai Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai menyampaikan aspirasinya mengenai Capres 2024 yang akan datang. Daerah tersebut menyatakan dukungannya kepada Puan Maharani.

Apakah ada karpet merah buat Puan Maharani untuk mendapatkan rekomendasikan Ketum PDIP untuk ikut kontestasi 2024?

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando EMaS, mengatakan, Puan Maharani perlu bekerja keras dan kerja cerdas untuk dapat diterima masyarakat serta keyakinkan Megawati Soekarnoputri untuk mendapatkan tiket pilpres.

"Kader PDIP yang berpotensi ikut kontestasi pilpres 2024 selain Puan ada Ganjar Pranowo yang sudah terlebih dahulu 'mencuri' perhatian bu Mega dengan kerja nyatanya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Saya yakin bu Mega sudah sangat mengenal Ganjar," kata Fernando dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Kamis, 2021.

Kata Fernando, Dibuktikan pada saat di DPR, Megawati telah memberikan peran dan peluang atas posisi penting. Menurutnya, Megawati sudah mempersiapkan Ganjar menjadi pemimpin nasional melalui jabatan Gubernur Jawa Tengah yang ternyata dapat dikatakan berhasil.

"Megawati melihat Ganjar juga merupakan keturunan ideologi bung Karno sama seperti beliau. Berdasarkan penagalaman pilpres tahun 2014 yang lalu Megawati membuktikan bahwa dirinya sebagai pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi," katanya.

Berdasarkan pengalaman empirik, Megawati cenderung mempertimbangkan aspirasi 'akar rumput' PDIP dan masyarakat dibandingkan segelintir orang yang ada di dalam lingkarannya. Pada saatnya Megawati akan memberikan dukungan pada Ganjar ikut kontestasi pilpres 2024 yang akan datang.


Berdasarkan penagalaman pilpres tahun 2014 yang lalu Megawati membuktikan bahwa dirinya sebagai pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.


"Saya yakin, bu Megawati masih memiliki pribadi yang sama dan akan tetap melakukan hal yang sama pada tahun 2024 yang akan datang yaitu tetap akan berlaku demokratis yang lebih mementingkan kepentingan Bangsa dan Negara," katanya.

"Megawati tahu bahwa Ganjar tidak akan mungkin berpaling darinya karena Megawati merupakan Ibu yang membesarkan dan mendidik pemahaman Ganjar ideologi Bung Karno. Megawati juga tidak akan berpaling dari Ganjar yang sudah dia besarkan dan didik dengan ideologi Bung Karno," katanya. []

Baca Juga: Anak Indigo Ramal Presiden 2024, Raffi Ahmad Kaget

Berita terkait
Profil Khofifah Indar Parawansa Kandidat Capres 2024
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mulai menyita perhatian publik di ranah politik bahkan namanya disebut menjadi kandidat Capres 2024.
Profil Menkopolhukam Mahfud MD Kandidat Capres 2024
Menko Polhukam Mahfud MD akhir-akhir ini namanya sering disebut-sebut sebagai calon Presiden potensial 2024. Berikut profil lengkapnya.
Profil Menteri BUMN Erick Thohir Kandidat Capres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi. Berikut profil Erick.
0
Hati-hati Kalian yang Berteman dengan 4 Zodiak Ini
Meskipun ada persahabatan yang bertahan seumur hidup, ada pula pertemanan yang berantakan, mungkin karena alasan kesibukan dan lain-lain.