Pengamat: Dari 5 Hanya 3 Kongres Demokrat yang Demokratis

artai Demokrat akan memasuki usia ke-20 sejak pertama kali didirikan oleh almarhum Vence Rumangkang, Subur Budhisantoso dan rekan.
Direktu Rumah Politik, Fernando EMaS. (Foto: Tagar)

Jakarta - Fernando EMaS, Direktur Rumah Politik Indonesia, mengatakan Partai Demokrat akan memasuki usia ke-20 sejak pertama kali didirikan oleh almarhum Vence Rumangkang, Subur Budhisantoso dan rekan-rekannya.

Fernando menyampaikan bawah Partai yang berdiri pada tahun 20001 berdasarkan Akte Notaris tanggal 10 September 2001 tersebut sudah 5 kali Kongres apabila hasil Pengadilan Tata Usaha Negara mengabulkan gugatan kubu Moeldoko dan Johny Allen Marbun.

"Dari 5 kali Kongres hanya 3 kali Kongres yang memperlihatkan sebagai partai terbuka yang demokratis yaitu pada Kongres pertama di Bali, Kongres kedua di Bandung dan Kongres Luar Biasa di Deli Serdang," kata Fernando dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Senin, 2 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, pada kongres pertama Partai Demokrat, yang diikuti adik ipar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) calon ketum partai, juga diikuti oleh beberapa calon lain termasuk Subur Budhisantoso.


Dari 5 kali Kongres hanya 3 kali Kongres yang memperlihatkan sebagai partai terbuka yang demokratis.


Dia menambahkan, kongres kedua Partai Demokrat di Bandung juga terdapat lebih dari satu calon ketua umum, antara lain Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum yang akhirnya terpilih sebagai pemenang.

"KLB yang dilaksanakan di Sibolangiit juga ada dua calon ketum yang memperebutkan suara peserta yaitu Marzuki Alie dan Moeldoko yang mendapatkan suara terbanyak peserta KLB. Dua kongres lainnya hanya ada calon tunggal sehingga kurang memperlihatkan demokratis di dalam forum Kongres," katanya. []


Baca Juga: Partai Demokrat Jabar Laporkan Wamendes Budi Arie Setiadi

Berita terkait
Demokrat Kubu AHY Jangan Baper Terhadap Budi Arie Setiadi
Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas mengatakan Partai Demokrat kubu AHY jangan baper dengan tindakan Budi Arie Setiadi soal karikatur.
Keluarga Cikeas Aktor Demo, Begini Respons Jubir Demokrat
Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan tuduhan bahwa keluarga cikeas aktor demonstrasi politik itu fitnah.
Demokrat Sayangkan RI Raih Rapor Merah di Mata Dunia
Sejak awal Partai Demokrat terus memberikan masukan kepada pemerintah dalam memutuskan kebijakan secara tegas pencegahan dan penyebaran Covid-19
0
Pengamat: Dari 5 Hanya 3 Kongres Demokrat yang Demokratis
artai Demokrat akan memasuki usia ke-20 sejak pertama kali didirikan oleh almarhum Vence Rumangkang, Subur Budhisantoso dan rekan.