UNTUK INDONESIA

Pengalaman To The Point Dian Sastro Jadi Sutradara Film

Dian Sastro berkesempatan melakoni profesi sutradara lewat film Omnibus Quarantine Tales. Pengalaman syuting berbeda saat pandemi COvid-19.
Pengalaman To The Point Dian Sastro Jadi Sutradara Film. (Foto: Tagar/Instagram/therealdisastr)

Jakarta - Aktris cantik Dian Paramita Sastrowardoyo atau lebih dikenal dengan nama Dian Sastro berkesempatan melakoni profesi sutradara lewat film Omnibus Quarantine Tales, terinspirasi dari pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan banyak negara di dunia.

Pemain nggak ada yang ketemu secara fisik di sini.

Dian, sapaannya, dibebaskan Base Entertainment selaku rumah produksi untuk menggali ide cerita dan mengembangkan kreativitasnya sebagai seorang sutradara. Akhirnya, pemeran Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini mengangkat tentang hubungan keluarga yang harus saling terkoneksi. Namun, tak bisa bertemu secara fisik lantaran pandemi.

"Film pendek yang saya sutradarai bercerita tentang 3 orang kakak beradik dari keluarga yang sama tapi nggak bisa ketemu. Jadi mereka punya ritual video call," ucap Dian Satro dalam jumpa pers virtual, Rabu, 11 November 2020.

Dian mengatakan, tidak memiliki target khusus mencoba peruntungan sekaligus pengalaman baru menjadi sutradara pada tahun ini. "Aku digembleng, aku diceburin. Menjerumuskan aku dalam posisi ini. Nulis 6 minggu selesaikan skrip. Ini pertama kali jadi sutradara, bikin story bord dan segala macam. Kalau nggak pandemi mungkin nggak gini, mungkin 5 tahun lagi jadinya," ucap Dian.

Film pendek dengan subjudul Nougat dari film Quarantine Tales, kata Dian, tak mengharuskan bertemunya para pemain secara fisik. Proses syuting dilakukan dari jarak jauh sehingga aman dari bahaya Covid-19. 

"Pemain nggak ada yang ketemu secara fisik di sini," ucapnya.

Dian mengatakan, salah satu keuntungan menjalani pekerjaan dari jarak jauh selama proses syuting tidak ada basa basi dan pekerjaan berlangsung lebih cepat. 

"Kadang kalau kita ketemu banyak basa basi. Aku ngerasa sejak PSBB apa-apa online langsung to the point. Langsung ke titik permasalahan dan itu kerasa banget," ujarnya.

Dian Sastro mengatakan sangat menikmati pengalaman baru menjadi menjadi sutradara. Menurut dia, tak menutup kemungkinan ke depannya dia akan menjadi sutradara untuk sebuah project film. 

"Tidak pernah membatasi diri yang malah akan membuat tidak bisa membuat lompatan untuk terus berkembang," ucap Dian.[]

Berita terkait
5 Fakta Rocky Gerung, Ternyata Pernah Membimbing Dian Sastro
Ternyata Rocky Gerung pernah menjadi dosen pembimbing skripsi Dian Sastro di masa kuliah.
Tips Betah #diRumahAja ala Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo membagikan tips mengisi kebosanan ketika bekerja di rumah.
Pemerataan Pendidikan, Pertamina Gandeng Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk mewujudkan pemerataan pendidikan khususnya bagi kaum perempuan.
0
Pengalaman To The Point Dian Sastro Jadi Sutradara Film
Dian Sastro berkesempatan melakoni profesi sutradara lewat film Omnibus Quarantine Tales. Pengalaman syuting berbeda saat pandemi COvid-19.