UNTUK INDONESIA
5 Fakta Rocky Gerung, Ternyata Pernah Membimbing Dian Sastro
Ternyata Rocky Gerung pernah menjadi dosen pembimbing skripsi Dian Sastro di masa kuliah.
5 Fakta tentang Rocky Gerung, ternyata Rocky pernah menjadi dosen pembimbing skripsinnya Dian Sastro. (Tagar/YouTube)

Jakarta - Sosok akademisi dan pengamat politik Rocky Gerung, kembali menjadi sorotan setelah hadir dalam acara 'Mata Najwa', Rabu, 21 Oktober 2020 lalu. 

Dalam acara yang dipandu oleh jurnalis Najwa Shihab tersebut, Rocky berkesempatan untuk memberikan tanggapan terkait kinerja pemerintah. Termasuk masa pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang kini tengah berjalan selama satu tahun.

Dalam kehidupan pribadinya, Rocky dikenal sebagai sosok yang kritis. Ia kerap memberikan kritikan-kritikan terhadap pemerintah. Adapun nama Rocky mulai menjadi perhatian publik sejak dirinya muncul di acara televisi Indonesia Lawyers Club (ILC), sekitar tahun 2017.

Berikut kami sajikan fakta-fakta tentang Rocky Gerung dari berbagai sumber.

Pernah jadi dosen UI

Rocky lahir di Manado, Sulawesi Utara, 20 Januari 1959. Ia merupakan lulusan Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia. Setelah lulus kuliah, ia lantas kembali ke UI sebagai seorang dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Namun, profesi tersebut hanya ia jalani hingga awal tahun 2015 saja.

Tak pernah ambil gaji

Profesi sebagai dosen di UI rupanya sudah Rocky tekuni selama 15 tahun lamanya. Namun, selama masa tersebut, Rocky diketahui tak pernah mengambil gajinya sepeser pun. Saat itu, Rocky lebih memilih untuk menyumbangkan gajinya untuk civitas UI dibandingkan untuk dirinya sendiri.

Jadi pembimbing skripsi Dian Sastrowardoyo

Selama meniti karier sebagai seorang pendidik, Rocky pernah menjadi dosen pembimbing salah satu aktris Tanah Air, yakni Dian Sastrowardoyo. Saat itu, Dian yang tengah menempuh pendidikan di Departemen Filsafat UI, meminta Rocky untuk menjadi dosen pembimbing skripsinya.

Proses bimbingan pun berjalan dengan baik. Hingga pada tahun 2007, Dian berhasil lulus dan mendapatkan nilai yang sempurna.

Dijuluki profesor

Kecerdasan dan kejeniusan yang dimiliki oleh Rocky membuatnya memiliki julukan khusus, yakni profesor. Meski Rocky hanya memiliki riwayat pendidikan S1, Rocky dianggap sebagai seorang yang cerdas seperti seorang profesor oleh teman-temannya.

Pernah terlibat kontroversi

Sosok Rocky Gerung juga pernah terlibat sejumlah kasus yang kontroversial. Salah satunya pada tahun 2019 lalu. Di mana, Rocky menjadi sorotan setelah menyebut presiden tak paham Pancasila. Pernyataan yang ia lontarkan di acara ILC tersebut pun sontak menuai kritik dari berbagai pihak.

Tak hanya itu, Rocky pun sempat akan dilaporkan kepada polisi karena dianggap telah menghina presiden. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Betah #diRumahAja ala Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo membagikan tips mengisi kebosanan ketika bekerja di rumah.
Pemerataan Pendidikan, Pertamina Gandeng Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk mewujudkan pemerataan pendidikan khususnya bagi kaum perempuan.
Rocky Gerung dan Feri Amsari Sudah Hilang di Rezim Soeharto
Irma Suryani Chaniago menyebut Rocky Gerung dan Feri Amsari sudah hilang jika saja yang berkuasa saat ini adalah rezim Soeharto.
0
Kue Bolu Permintaan Anak Aceh yang Dibunuh Pemerkosa Ibu
Rangga, anak berusia 9 tahun yang dibunuh oleh pemerkosa ibunya di Aceh Timur ternyata memiliki permintaan terakhir yang tak sempat dipenuhi.