Pendiri Dogecoin: Kripto Rentan Penipuan dan Orang Jahat

Keduanya bahkan menuding dunia kripto rentan pada penipuan dan banyak orang jahatnya.
(Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dua pendiri Dogecoin, Jackson Palmer dan Billy Markus baru-baru ini melontarkan kritikan keras kepada orang-orang yang berkuasa di kripto (cryptocurrency).

Menurutnya, dunia kripto telah 'dikendalikan oleh kartel yang kuat dari tokoh kaya' yang 'berevolusi menggabungkan banyak lembaga yang sama terkait dengan sistem keuangan terpusat dan mereka atur untun menggantikannya'.

Keduanya bahkan menuding dunia kripto rentan pada penipuan dan banyak orang jahatnya. Kritikan itu dimulai dari Jackson Palmer yang memastikan tidak akan kembali ke kripto.

"Saya sering ditanya apakah saya akan 'kembali ke cryptocurrency' atau mulai secara teratur membagikan pemikiran saya soal itu. Jawaban saya adalah 'tidak' dengan sepenuh hati," kata Jackson Palmer dalam unggahan tweetnya, sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Kamis, 15 Juli 2021.

Palmer juga menuding industri cryptocurrency membeli influencer dan outlet media untuk memainkan harga. Mereka menjadi corong agar mengektraksi uang baru dari keputusasaan secara finansial.

Eksploitasi keuangan memang telah ada sebelum cryptocurrency hadir. Namun Palmer yakin industri kripto telah merugikan banyak orang yang bergabung. Tak sampai sana, dia bahkan mengatakan industri kripto rentan pada penipuan.

Mendukung rekannya, pembuat Dogecoin lain Billy Markus mengatakan poin yang diungkapkan Palmer valid. Menurutnya memang banyak orang jahat yang ada di kripto dan mengerti mengapa Jackson Palmer merasakan hal itu.

"Saya mengerti perspektifnya dan kami berdua melihat sebagian besar sisi negatif dari semua ini," kata Markus dalan tweet-nya.


Saya sering ditanya apakah saya akan 'kembali ke cryptocurrency' atau mulai secara teratur membagikan pemikiran saya soal itu. Jawaban saya adalah 'tidak' dengan sepenuh hati.


Dogecoin sendiri merupakan buatan Palmer dan Markus pda tahun 2013. Koin itu berdasarkan lelucon dari meme Doge yang menggambarkan anjing Shiba ini dan keduanya tak pernah bermaksud untuk membuat Dogecoin dianggap serius.

Tapi nyatanya, Dogecoin terus meroket. Dogecoin jadi salah satu 10 cryptocurrency teratas berdasarkan nilai pasar dan sempat mencapai nilai tertinggi 74 sen di awal tahun. []

Baca Juga: IPO Startup Kripto Bullish-SPAC Punya Ekuitas Rp 135 Triliun

Berita terkait
Tambang Uang Kripto Digerebek, SSU Sita Ribuan PS4
PS4 ini tampaknya dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwidth memori, tak sekadar pada kemampuan komputasi.
Selain Saham, TikTok juga Larang Influencer Endorse Kripto
Kebijakan TikTok ini dilakukan guna menghentikan gelombang investasi berisiko tinggi yang tidak sesuai
Aksi Xi Jinping Bikin Harga Kripto Anjlok
Sejak awal tahun, China memang secara teratur mengeluarkan larangan terhadap industri dan operasi kripto atau cryptocurrency.
0
Pendiri Dogecoin: Kripto Rentan Penipuan dan Orang Jahat
Keduanya bahkan menuding dunia kripto rentan pada penipuan dan banyak orang jahatnya.