Tambang Uang Kripto Digerebek, SSU Sita Ribuan PS4

PS4 ini tampaknya dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwidth memori, tak sekadar pada kemampuan komputasi.
Tambang Kripto di Ukraina yang menggunakan ribuan PS4. (Foto: Dok. SSU)

Jakarta - Security Service of Ukraine (SSU) menggerebek sebuah tambang kripto di kota Vinnytsia, Ukraina, dan menyita ratusan GPU, puluhan prosesor, dan...3.800 unit PS4. 

Pilihan komponen untuk meningkatkan kecepatan penambangan saat ini sudah ada bermacam. Salah satunya GPU, yang meski langka, namun pasokannya mulai membaik. Dan tentunya Application Specific Integrated Circuit (ASIC) yang khusus untuk menambang kripto.

Namun penambang kripto di Ukraina ini malah memilih konsol keluaran 2013, yang kemampuan GPU-nya hanya setara dengan RX480 -- khusus PS4 Pro --. Padahal, RX580 yang lebih kencang pun sudah terbilang tak efisien untuk menambang Ethereum. Jadi, apa untungnya menambang pakai PS4?

Kemampuannya yang terbatas itu 'dibayar' dengan jumlah yang sangat banyak, mencapai 3800 unit. Oh ya, varian PS4 yang dipakai di tambang ini adalah PS4 Slim yang dirilis pada 2016, yang tak lebih kencang dibanding PS4 versi awal dan jelas lebih lambat dibanding PS4 Pro.

PS4 ini tampaknya dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwidth memori, tak sekadar pada kemampuan komputasi. Di sinilah PS4 dan PS4 Slim bersinar, karena konsol ini punya bandwidth mencapai 176GB/s dari chip memori GDDR5 yang dipakai.

Tambang KriptoTambang Kripto di Ukraina yang menggunakan ribuan PS4 (Foto: Dok. SSU)

Memang, varian Pro punya bandwidth yang lebih besar (217,6GB/s) begitu juga jenis chip yang sama untuk PC (256GB/s). Namun tak tertinggal cukup jauh dalam hal penghitungan TFLOPS yang sering dijadikan dasar pengukuran kemampuan konsol.

Lalu hal yang juga penting jadi pertimbangan adalah harga PS4 dan ketersediaannya. Konsol ini dijual dengan harga relatif murah dan pasokan yang banyak, berbeda dibanding pilihan komponen lain, yang meski lebih kencang namun harganya lebih mahal dan pasokannya terbatas. []

Baca Juga: 4 Istilah Dalam Analisis Kripto

Berita terkait
10 Investor Kripto Asal Tiongkok Bidik Pasar Indonesia
Sekitar 10 investor kripto asal Tiongkok menghubungi Jerry untuk menanyakan seputar aturan kegiatan kripto di Indonesia.
4 Istilah Dalam Analisis Kripto
Sebagai calon investor maupun trader, kamu harus pahami bahwa aset kripto selalu mengalami perubahan harga.
Pertama di Dunia, Hotel Mewah Ini Terapkan Transaksi Kripto
The Pavilion menjadi waralaba perhotelan pertama di dunia yang menerima transaksi kripto (cryptocurrency) muncul pertama kali di Coingape.
0
Tambang Uang Kripto Digerebek, SSU Sita Ribuan PS4
PS4 ini tampaknya dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwidth memori, tak sekadar pada kemampuan komputasi.