Pendidikan Gratis Hadirkan Kelas Menulis, Cara Cepat untuk Pemula

Komunitas Pendidikan Gratis menghadirkan kelas menulis gratis secara bertahap untuk masyarakat umum, dengan mengajarkan cara menulis bagi pemula.
Pendidikan Gratis hadirkan kelas menulis. (Foto: Tagar/Mila)

Jakarta - Komunitas Pendidikan Gratis menghadirkan kelas menulis gratis secara bertahap untuk masyarakat umum, dengan mengajarkan cara menulis bagi pemula yang ingin terjun ke dalam dunia jurnalistik, pada Kamis, 9 September 2021. 

CEO PT Eramadani Media Dewata Fauzan Al Jundi sebagai pemateri mengatakan di tahun 2021 kita harus membaca tantangan dan peluangnya dalam copy writing yang ternyata ada dalam ruang lingkupnya sendiri.

"Dengan digital kita gunakan sarana copy writing, karna kebiasaan sudah berubah, kita harus adaptif dengan digitalisasi," ujar Fauzan.

Copy writing, kata Fauzan, adalah metode pemasaran, yang berhubungan dengan dunia bisnis, yang mampu untuk membujuk klien dalam mengenal produk yang akan dipasarkan.


Kita ingin menjadi seseorang yang mempunyai label di masyarakat oleh karena itu harus konsisten sebab mutiara itu dicari di laut yang dalam.


"Copy writing merupakan cara gampang buat iklan yang menghasilkan benyak pelangan, sebab copy writing adalah sarana pemasaran," ujarnya.

Ia menjelaskan cara menulis bagi pemula, pertama harus rajin membaca sebab hasil tulisan tersebut bisa terlihat kualitasnya dengan sebarapa banyak buku yang telah ia baca.

"Intinya  yang pertama teman-teman harus rajin membaca nggak bisa yang lainnya, jadi membaca ini sangat penting, gimana caranya kita menulis kalau kita nggak kaya bacaan, banyak baca buku apa saja," kata Fauzan. 

"Kedua, harus ada 5 W 1 H dalam tulisan kita, selanjutnya di paragraf pertama harus memaparkan informasi penting dan seterusnya,"

Saat ini, kata Fauzan yang digunakan dalam dunia penulisan adalah piramida terbalik, maksudnya, informasi terpenting di paragraf pertama dan mengerucut kepada informasi yang kurang penting.

Di akhir acara salah peserta bertanya bagaimana cara memotivasi diri untuk rajin menulis, sebab membangun semangat dan mood dalam menulis tidaklah gampang. 

"Kita harus punya time, minimal dua minggu lah mengumpulkan idenya kek gimana, menulis paragraf kek gimana, judulnya, apalagi masalah isinya dan lain-lain, artinya harus berkesinambungan terus membangun komitmen dulu. Minimal kita tidak memposisikan sebagai penulis profesional ya," ucap Fauzan.

"Sehari itu, kita harus menulis apapun itu, yang penting mengalir dulu tulisannya akhirnya kita menemukan kliknya, oh ini toh caranya, jadi bangun dulu kebiasan dan bangun budaya menulis dulu," ujarnya.

Terkait konten, lanjut Faiuzan, berdasarkan data banyak media sosial yang membuat judul berita tidak selaras dengan isi, kadang isi dan judul sangat berbeda.

"Jadi di masa saat ini ya teman-teman, kita juga melihat data ya kenapa  banyak media sosial membuat judul-judul ya bombatis tapi itu hanya sekedar untuk mencari perhatian saja, tapi isinya tidak berbobot," katanya. 

Fauzan juga berpesan tetap semangat dalam menjaga keutuhan negara ini, dan jadilah spesialis di bidang apapun yang disukai bukan menjadi peran pendukung saja.

"Tetap semangat, kita ingin menjadi seseorang yang mempunyai label di masyarakat, oleh karena itu harus konsisten, sebab mutiara itu dicari di laut yang dalam, kalau kita nggak serius, kita nggak ini, agar menjadi spesialis, Indonesia butuh spesialis, teman-teman harus bisa menentukan teman2 sebagai apa, agar masyarakat tak bingung," ujar Fauzan.

Sebagai infomasi, kelas menulis ini merupakan kelas pertama, dan akan ada kelas kedua dengan syarat mengirimkan tulisan apa saja kepada kotak wa 08113899931 atau untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di Instagram @pendidikangratis. []

Berita terkait
7 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur
Tidur dalam posisi miring atau suka berubah-ubah memudahkan mulut untuk terbuka, sehingga air liur bisa mengalir keluar lebih mudah.
7 Cara Mengurangi Risiko Vagina Robek Saat Persalinan
Terkadang, persalinan dengan bantuan menggunakan forsep atau vakum, juga berkontribusi pada robekan vagina yang lebih besar.
Cara Meningkatkan Kolagen Agar Tetap Awet Muda
Kolagen merupakan sejenis protein yang terdapat dalam otot, tulang, urat, hingga kulit. Berikut cara meningkatkan kolagen agar tetap awet muda.
0
Pendidikan Gratis Hadirkan Kelas Menulis, Cara Cepat untuk Pemula
Komunitas Pendidikan Gratis menghadirkan kelas menulis gratis secara bertahap untuk masyarakat umum, dengan mengajarkan cara menulis bagi pemula.