Indonesia
Penderita HIV/AIDS di Aceh Utara Meningkat
Mengherankan, Aceh Utara penderi HIV/Aids justru meningkat.
Hampir 37 juta orang di seluruh dunia memiliki virus human immunodeficiency yang menyebabkan AIDS. Mayoritas kasus berada di daerah yang lebih miskin seperti Afrika.(Foto/Ilustrasi:Ist)

Aceh Utara - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara merilis laporan penderitas penyakit HIV/AIDS di kabupaten tersebut mengalami peningkatan dan secara umum penderitanya berusia 20 hingga 29 tahun.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Utara Achriani Fitri, Jumat 5 Juli 2019 mengatakan, hingga bulai Mei 2019 tercatat 104 kasus yang ditemukan.

Kasus ini mengalami peningkatan dan secara umum penderitanya adalah kalangan remaja. Apabila ditotal keseluruhan dari tahun 2007 hingga Mei 2019, maka telah mencapai 104 kasus,” ujar Achriani Fitri.

Tahun 2017 ditemukan 16 kasus terdiri dari tujuh kasus penderita HIV dan 10 kasus pada penderita Aids. Sedangkan ditahun 2018 terdapat 15 kasus HIV dan 2 Kasus Aids dengan total 17 kasus HIV/AIDS.

Apabila di rincikan berdasarkan jenis kelamin, maka terdapat 66 pria dan 38 wanita. Secara mayoritas penyebaran penyakit tersebut berada di Kecamatan Dewantara, disusul Baktiya, Lhoksukon, Muara Batu dan Meurah Mulia.

“Kami terus mengupayakan agar penyebaran penyakit tersebut cepat terpantau, sehingga bisa langsung mendapatkan tindakan medis dan tidak sampai menular kepada orang lainnya,” tutur Achriani. []

Artikel lainnya

Berita terkait
0
Warga Papua di Semarang Bawa Bendera Bintang Kejora
Bendera Bintang Kejora berkibar di aksi damai warga Papua di Kota Semarang, Jawa Tengah.