UNTUK INDONESIA
Pendaftaran Cakada Manggarai Berpotensi Cluster C-19
Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Kabupaten Manggarai NTT berpotensi jadi cluster baru Covid-19. Ini penyebabnya
Massa pendukung salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai NTT. (Foto: Tagar/Albertus Pepi Kurniawan)

Manggarai - Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Kabupaten Manggarai NTT berpotensi jadi cluster baru Covid-19. Pasalnya massa yang datang sangat banyak dan tidak mempedulikan protokol kesehatan Covid-19, seperti jaga jarak dan pakai massker.

Konvoi kendaraan roda dua dan roda empat dari pendukung kedua pasangan calon yang mendaftar turut ikut mengatar kandidat menuju KPU Manggarai. Kerumunan massa pun tak terhidarkan.

Ini berpotensi menjadi cluster baru Covid-19 dalam Pilkada. Karena itu kita tetap mengimbau pada bakal pasangan calon ini untuk mengendalikan masanya.

Komisioner Bawaslu Manggarai, Fortunatus Hamsah Manah menegaskan, sebenarnya setiap tahapan Pilkada wajib mengikuti protokol pencegahan dan penanganan Covid-19. Ia mengaku kesal, karena sejak kemarin baik paket Hery-Heri maupun paket Deno-Madur ternyata mengerahkan masa yang cukup banyak.

Deklarasi Paket Hery-HeriSuasana Deklarasi paket Hery-Heri di Kabupaten Manggarai. (Foto: Tagar/Albertus Pepi Kurniawan)

"Ini berpotensi menjadi cluster baru Covid-19 dalam Pilkada. Karena itu kita tetap mengimbau pada bakal pasangan calon ini untuk mengendalikan masanya untuk tidak menciptakan kerumunan yang berpotensi melanggar pencegahan protokol Covid-19," ungkapnya kepada sejumlah awak media di kantor KPU Manggarai, Minggu 6 September 2020.

Sebab menurut dia, kalau sampai Pilkada menjadi cluster baru Covid-19, akan berbahaya dan berpotensi untuk menghambat tahapan dan berpotensi penundaan Pilkada.

"Kita juga menyampaikan kepada pasangan calon untuk cukup sudah mengumpulkan massa seperti hari ini dan kemarin. Karena hari ini dan kemarin tidak jauh berbeda, semua pasangan calon juga mengumpulkan massa," kesalnya.

Padahal sebelumnya kata dia, Bawaslu secara kelembagaan sudah menyampaikan imbauan kepada pasangan bakal calon untuk tidak mengumpulkan massa saat pendaftaran.

"Tapi faktanya tetap mengumpulkan. Pencegahan Covid-19 ini sebenarnya tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo. Sesuai yang diamati kata dia, mulai kemarin sampai hari ini masih ada warga yang belum tertib mengikuti protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Tadi kita sudah sampaikan kepada kandidat untuk menyampaikan pesan ini berkaitan protokol kesehatan untuk diikuti. Jangan sampai cluster Pilkada terjadi di wilayah kita. Itu harapan kita," katanya.

Terkait konvoi masa pendukung dua pasangan Calon, Kapolres Manggarai meminta untuk lebih disiplin lagi. Ia mengaku sebelumnya sudah sosialisasi.

Sebab itu, Ia minta kepada kandidat untuk menyampaikan kepada pendukungnya agar mengurangi massa yang mengantar. Terlebih pada saat penetapan nanti.

"Jangan sampai dua kubuh membawa massa, pertama tidak mengikuti protokol dan jangan sampai adanya benturan. Kita harapkan sewajarnya saja, protokol tetap ditegakan. Ini sebenarnya bukan tanggung jawab keamanan saja, tapi kerja sama dari masyarakat termasuk kandidat," tegasnya.

Sementara Dandim 1612 Manggarai, Letkol Kav Ivan Alfa mengatakan, pada Intinya TNI bersama Polri siap mengamankan pelaksanaan Pilkada Manggarai karena sinergitas cukup baik di lapangan.

Kebetulan TNI saat ini kata dia mempunyai dua tugas. Pertama adalah pendisiplinan Covid-19, kedua adalah mengamankan Pilkada Manggarai di seluruh pelosok Manggarai.

Ia berharap, Pilkada Manggarai tahun ini bisa berjalan dengan damai, aman, tertib, lancar, dan tidak ada cluster Pilkada Covid-19. Sebab Covid-19 menurut dia merupakan suatu musuh atau pengancaman yang tidak terlihat.

"Jadi jangan sekali-kali meremehkan Covid-19 ini, sudah banyak contoh di daerah lain dan sudah ada beberapa contoh di Manggarai, saya minta itu jadi pelajaran buat kita semua," imbaunya.

Sejauh ini ia mengaku sudah bangun koordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 kabupaten Manggarai. Ia berharap seluruh instansi terkait bisa saling bersinergi dalam melaksanakan pendisiplinan Covid-19. []

Berita terkait
Paket Hery-Heri Resmi Daftar di KPU Manggarai
Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai Herybertus Nabit dan Heribertus Ngabut (Hery-Heri) resmi mendaftar di KPU Manggarai
Ribuan Massa Hadiri Deklarasi Hery-Heri di Manggarai
Deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Hery-Heri dihadiri ribuan para pendukungnya.
Sejumlah Program Paket MISI di Manggarai Barat
Berikut sejumlah program bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong dan Silverius Syukur.
0
Wanita, Tersangka Baru Pembunuhan Wartawan Demas Laira
Kepolisian Mamuju Tengah kembali menetapkan satu tersangka baru dalam kasus pembunuhan wartawan Demas Laira.