UNTUK INDONESIA
Pencuri Spesialis RS di Yogya Gondol Tas Bonus Mobil
Sholeh, pencuri tas dan mobil milik keluarga pasien di RS Bethesda Yogyakarta, diringkus. Ia residivis dan pencuri spesialis barang pasien.
Kapolresta Yogyakarta Komisaris Besar Sudjarwoko memperlihatkan barang bukti dan tersangka pencurian barang berharga pasien RS Bethesda, di Mapolresta Yogyakarta, Kamis, 16 Juli 2020. (Foto: Tagar/Evinur Afiah)

Yogyakarta - Aparat Polresta Yogyakarta berhasil meringkus tersangka pencurian spesialis barang berharga di rumah sakit (RS). Terakhir ia mencuri sebuah tas, bonus mobil, milik keluarga pasien yang tengah dirawat di RS Bethesda, Kotabaru, Kota Yogyakarta. 

Tersangka diketahui beridentitas Sholeh P, 22 tahun, warga Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah. Beraksi di RS Bethesda Yogyakarta pada Jumat, 3 Juli 2020. Korbannya adalah Ryan Haryanto, warga Yogyakarta yang tengah menunggui keluarganya di RS. 

Pelaku baru keluar 2019 di Lembaga Permasyarakatan Semarang, Jawa Tengah dengan kasus yang sama, yaitu mencuri di rumah sakit, divonis 1,5 tahun.

Kepala Polresta Yogyakarta Komisaris Besar Sudjarwoko mengatakan Sholeh mencari sasaran dengan cara masuk ruang pasien. Saat kejadian, sekitar pukul 21.00 WIB, ia melihat korban tengah tidur di samping orang tuanya yang tengah dirawat. 

"Pelaku mencuri tas korban yang sedang menunggu orang tuanya di RS Bethesda. Saat itu, korban tertidur di samping tempat tidur pasien dan menaruh tasnya di dalam kamar," kata dia, di Mapolresta Yogyakarta, Kamis 16 Juli 2020. 

Di dalam tas korban ada kunci mobil, sejumlah uang, tiket parkir, handphone dan barang berharga lain. Tahu ada kunci mobil dan tiket parkir, Sholeh sekalian membawa kabur mobil Toyota Avanza korban yang terparkir di halaman RS. Ia lantas pulang ke kampung halamannya di Jepara. 

Ryan sadar jadi korban pencurian keesokan hari saat hendak pulang. Ia tak lagi mendapati tas, pun demikian dengan mobilnya. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polresta Yogyakarta. 

Setelah dilakukan penyelidikan, termasuk melihat rekaman CCTV RS Bethesda, diketahui ciri-ciri fisik pencuri. Pendalaman dilakukan, dibantu tim Resmob Polda DIY akhirnya diketahui identitas dan keberadaan pelaku.

Sholeh dibekuk tim gabungan di perempatan Kecapi, Tahunan, Jepara, pada Rabu, 15 Juli 2020, sekitar pukul 22.00 WIB. Selanjutnya petugas menggelandang Sholeh ke Mapolresta Yogyakarta berikut mobil yang belum sempat dijual. 

"Yang sudah dijual jok mobil sama bamper, karena butuh uang katanya," ucap Sudjarwoko.

Hasil pemeriksaan, ternyata Sholeh merupakan residivis kasus yang sama. Ia kerap menyatroni rumah sakit di Yogyakarta dan Jawa Tengah, mencuri barang berharga milik pasien dan keluarganya. Ia beraksi seorang diri pada malam hari.

"Pelaku baru keluar 2019 di Lembaga Permasyarakatan Semarang, Jawa Tengah dengan kasus yang sama, yaitu mencuri di rumah sakit, divonis 1,5 tahun. Dan sekarang kembali tertangkap," tutur dia. []

 Baca juga: 

Berita terkait
Polisi Yogyakarta Tembak Sindikat Pencurian Mobil
Polisi Yogyakarta menembak dua dari empat komplotan sindikat pencurian mobil saat menyergapan. Polisi juga menyita tujuh mobil dari kasus ini.
Pencuri Amatir Ditangkap Warga di Yogyakarta
Tiga pelajar SMP diduga akan mencuri di rumah warga di Kota Yogyakarta. Namun, aksinya digagalkan korban atau pemilik rumah.
Dugaan Pelaku Pencurian 4 Etalase Toko di Yogyakarta
Polisi menduga pelaku pencurian 4 etalase di toko kelontong di Kotagede, Kota Yogyakarta adalah orang dekat korban.
0
Pencuri Spesialis RS di Yogya Gondol Tas Bonus Mobil
Sholeh, pencuri tas dan mobil milik keluarga pasien di RS Bethesda Yogyakarta, diringkus. Ia residivis dan pencuri spesialis barang pasien.